SOAL KEDEKATAN DENGAN PEMAIN ASING INI JAWABAN ISMED

Ismed Sofyan menjadi satu di antara pemain yang paling lama berseragam Persija Jakarta. Total hampir 17 tahun pemain asal Aceh ini berseragam Macan Kemayoran. Mengingat sejak musim 2002/2003 ia sudah berada di Persija.

Tentunya dari 17 tahun tersebut, pemain yang akrab disapa Bang Haji ini, sudah banyak makan asam garam terkait pemain asing. Apalagi hampir setiap musimnya, Persija memiliki pemain asing yang baru.

Lalu menurut dia siapa sosok pemain asing yang paling dekat dengan dirinya? Pemain bernomor punggung 14 itu memiliki jawabannya tersendiri. Menurutnya hampir seluruh pemain asing yang pernah singgah di Persija akrab dengannya.

Namun dalam hal komunikasi, Ismed menjelaskan banyak pemain asing yang berposisi striker sering bertukar pikiran dengan dirinya. Terutama berdiskusi tentang kebiasaan para penyerang asing tersebut saat memanfaatkan peluang di depan gawang. Apalagi Ismed yang notabenenya bek sayap juga harus mengetahui jenis umpan seperti apa yang disukai oleh para koleganya tersebut.

“Seluruh pemain asing yang pernah bermain di Persija, saya pastikan sangat akrab dengan mereka. Namun untuk paling banyak komunikasi pastinya sama striker. Mereka pastinya memiliki kesukaan umpan yang harus diberikan kepada mereka. Untuk mengetahui itu saya sering berdiskusi dengan mereka di luar lapangan,” ujar Ismed.

“Sebagai contoh Emanuel De Porras suka bola langsung ke daerah. Roger Batoum suka dengan bola langsung mengarah kepalanya. Sekarang juga ada Simic, pastinya mereka sering komunikasi dengan saya. Saya sendiri juga harus mengetahui maunya mereka umpan seperti apa yang mereka suka,” tambahnya.

Sementara untuk keakraban dengan pemain asing Persija saat ini, Ismed menegaskan dirinya memiliki hubungan yang sangat baik dengan keempatnya. Tentunya hal itu sangat baik untuk menumbuhkan kesolidan di dalam tim.

“Dari empat pemain asing yakni Simic, Rohit, Motta, maupun Klok yang saat ini statusnya pemain lokal, saya akrab dengan keempatnya. Ditambah lagi komunikasi antara pemain lokal dengan pemain asing di Persija, komunikasinya sangat bagus,” tutupnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *