TIPS MENJADI BEK TANGGUH ALA LEGENDA PERSIJA

Persija dan Timnas Indonesia sempat mempunyai seorang bek tangguh di pertengahan hingga akhir 90-an. Pemain tersebut bernama Nuralim atau yang akrab disapa Jabrik.

Nuralim menjadi langganan Timnas sejak awal 1990. Ia turut tampil di sejumlah turnamen besar seperti Sea Games 93, Piala Asia 96 hingga Piala Tiger 2000.

Sementara puncak karier Nuralim di klub terjadi pada tahun 2001. Ia turut mengantarkan Macan Kemayoran meraih gelar ke-10 pada tahun tersebut. Di musim itu, Jabrik menjadi palang pintu utama dengan permainan tanpa kompromi.

Legenda Persija itu pun berbagi tips menjadi bek tangguh dan disegani lawan. Menurutnya sebagai seorang pemain belakang yang harus diutamakan adalah ketenangan dan tidak mudah terpancing emosi.

“Filosofi saya adalah sepak bola itu seni. Jadi apa yang kita punya harus kita maksimalkan. Kalau saya itu keras bukan untuk mencederai lawan, namun memiliki keinginan keras untuk merebut bola. Jadi kalau pemain belakang itu mudah emosi bisa berbahaya kita harus bisa mengatur emosi,” tutur Nuralim.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

TOP P