APRESIASI UNTUK SKUAD GARUDA DI PIALA ASIA 2023
APRESIASI UNTUK SKUAD GARUDA DI PIALA ASIA 2023

Setelah berjuang dengan maksimal, langkah Indonesia harus terhenti di 16 besar Piala Asia 2023 setelah dikalahkan oleh Australia 0-4 di Stadion Jassim bin Hamad, Al Rayyan, Qatar, Minggu (28/1/2024). Sejarah baru sudah ditorehkan Garuda, sebuah peningkatan bermain di babak 16 besar untuk pertama kalinya dalam lima kali kesempatan bermain di putaran final turnamen kasta tertinggi antar negara Benua Asia itu. 

Anak-anak asuhan Shin Tae-yong harus mengakui keunggulan juara Piala Asia 2015 itu setelah dibungkam 0-4 berkat gol dari Elkan Baggott (12' OG), Martin Boyle (45'), Craig Goodwin (89'), dan Harry Souttar (90+1'). Rizky Ridho dan kawan-kawan sudah berjuang maksimal, bahkan mampu menguasai jalannya babak pertama. 

Beberapa diantaranya adalah peluang sontekan Rafael Struick yang melenceng tipis di atas mistar gawang serta sepakan first time Yakob Sayuri dengan kaki kiri memanfaatkan umpan matang Marselino Ferdinan. 

Socceroos adalah kekuatan baru Asia setelah berpindah konfederasi dari Oseania ke Asia, tercatat mereka tidak pernah absen di pentas Piala Dunia sejak 2006 hingga 2022 lalu. Serta peringkat FIFA saat ini 25, terpaut 121 posisi dari Indonesia. 

Pada laga kali ini, punggawa Persija, Rizky Ridho, kembali mendapat kepercayaan Shin Tae-yong untuk turun bermain di menit Ke-75 menggantikan Yakob Sayuri. Dengan demikian, bek tengah jebolan SSB Sumo Putro ini selalu diturunkan dalam empat laga Indonesia di Piala Asia 2023. 

Hal yang membanggakan lainnya adalah Indonesia menjadi peserta dengan rata-rata usia pemain termuda dengan 22,5 tahun per Januari 2024. Posisi kedua diduduki oleh Vietnam dengan 23,3 tahun, sedangkan Australia dengan rata-rata 26,7 tahun. Fakta ini akan sangat membantu dalam memperkokoh kekuatan Garuda di masa datang. 

Tegakkan kepala Skuad Garuda!