EDUKASI MEDIS JADI MENU TAMBAHAN PEMAIN PERSIJA DI SELA-SELA PERTANDINGAN
EDUKASI MEDIS JADI MENU TAMBAHAN PEMAIN PERSIJA DI SELA-SELA PERTANDINGAN

Di sela-sela pertandingan BRI Liga 1 2021/2022 pemain Persija mendapatkan edukasi sports clinic pada Minggu (24/10/2021). Kegiatan tersebut merupakan inisiasi dari Asosiasi Pemain Profesional Indonesia (APPI) yang bekerja sama denan RS Premier Bintaro. 


Materi dalam kegiatan tersebut terfokus pada penanganan henti jantung. Diharapkan setelah mendapatkan edukasi dalam kegiatan tersebut para pemain makin paham cara menangani kondisi darurat di lapangan.


“Kami memberikan materi hidup dasar, yaitu berkaitan dengan jantung paru. Edukasi yang kami berikan adalah untuk mempelajarai cara penanganan saat terjadi kasus henti jantung. Henti jantung ini bisa bermcam-macam, tapi penanganannya harus cepat. Jadi respon orang terdekat harus kami edukasi agar tak terjadi hal fatal, seperti hilangnya nyawa,” kata Dokter Faye Yowargana Sp.Em sebagai pemateri.


Sementara itu, Riko Simanjuntak, merespon positif adanya kegiatan tersebut. Ia mengatakan materi yang didapat sangat berguna bagi para pemain.


“Tentunya edukasi seperti ini bagus untuk kami sebagai pemain. Sebab, saat emergency di lapangan kan yang paling dekat kami, baik untuk tim sendiri atau pun pemain lawan. Dari edukasi seperti ini kami jadi tahu apa yang harus kami perbuat sehingga tidak salah dalam bertindak.


Terimakasih APPI yang telah menyelenggarakan edukasi seperti ini dengan bekerja sama dengan RS Premier Bintaro. Kegiatan ini menambah wawasan saat ada emergency di lapangan,” tutur Riko.


“Saya rasa ini harus berkesinambungan. Apabila ada kejadian yang belum pernah terjadi harus ada pembelajaran lagi,” ucapnya melanjutkan.