GARUDA MUDA MENDAPAT PELAJARAN PENTING USAI TUMBANG 1-2 DARI THAILAND U-20
GARUDA MUDA MENDAPAT PELAJARAN PENTING USAI TUMBANG 1-2 DARI THAILAND U-20

Sempat unggul 1-0 lebih dulu, Indonesia U-20 akhirnya harus mengakui keunggulan Thailand U-20 1-2 dalam laga ujicoba di Stadion Gelora Bung Karno, Jumat (26/1/2024). 

Anak-anak asuhan Indra Sjafri ini membuka keunggulan melalui Toni Firmansyah yang memanfaatkan umpan tarik dari pilar muda Persija, Dony Tri Pamungkas, di menit Ke-12. Usai jeda, gempuran terus dilakukan oleh Garuda Muda. Pilar muda Macan Kemayoran lainnya, Figo Dennis Saputrananto, mencoba menambah keunggulan melalui tendangan bebas di menit Ke-53. Sayang, tembakannya masih mampu ditepis oleh penjaga gawang Thailand, Kittipong Bunmak. 

Thailand mampu mencuri gol penyama kedudukan di menit Ke-63, tembakan keras kaki kiri Paripan Wongsa menjadikan skor imbang 1-1. Pada menit akhir, Thailand kembali bisa mencuri gol kemenangan. Pikanet Laohawiwat mencetak gol memanfaatkan bola liar dari sepak pojok di menit ke-90+2. Thailand menutup laga dengan kemenangan 2-1.

Ujicoba ini menjadi bagian dari pembentukan skuad utama Indonesia U-20 untuk tampil di Piala AFF U-19 2024 dan Kualifikasi Piala Asia U-20 2025 nanti.  Terdapat enam pemain muda Persija yang terlibat dalam pemusatan latihan Indonesia U-20, yaitu Dony Tri Pamungkas, Muhammad Ibrah Ardiansyah Ohorella, Muhammad Nabil Asyura, Arlansyah Abdulmanan, Figo Dennis Saputrananto, dan Meshaal Hamzah Basier Osman.

Usai laga, salah satu pilar muda Persija, Dony Tri Pamungkas, mengungkapkan rasa optimisnya. "Ini masih uji coba. Kami sudah bekerja keras di lapangan dan memang kurang fokus di menit-menit akhir. Dengan kekalahan ini, mungkin kami bisa membenahi apa yang perlu dibenahi ke depannya dan bisa lebih baik lagi," ujar Dony seperti dikutip dari PSSI.org