JEJAK PERSIJA DI PIALA AFF, RUTIN BERTAUT
JEJAK PERSIJA DI PIALA AFF, RUTIN BERTAUT

Persija Jakarta lahir dengan berlandaskan gairah penduduk pribumi untuk membuka jalan kemerdekaan Tanah Air. Hingga detik ini, api semangat nasionalisme terus menggelora tak pernah padam.


Persija rutin mengirimkan para wakilnya ke skuad tim nasional untuk berjuang dalam kesebelasan Indonesia. Terbaru, dua pemain Macan Kemayoran akan berlaga membela Tim Merah-Putih di pentas sepak bola terakbar se-Asia Tenggara, Piala AFF 2022.


Adalah Hansamu Yama dan Syahrian Abimanyu yang akan melanjutkan jejak sejarah Persija di Timnas Piala AFF. Keduanya terpilih ke skuad final Timnas setelah menjalani pemusatan latihan (TC) di Bali sekitar satu bulan bulan terakhir


Sejatinya bagi mereka, atmosfer Piala AFF sudah tak asing. Hansamu tercatat telah tampil pada edisi 2016 dan 2018. Sementara Abimanyu jadi bagian dari Timnas Piala AFF 2021.


Namun, baru tahun ini mereka berstatus sebagai pemain Persija. Alhasil, Hansamu dan Abimanyu meneruskan tradisi tautan Persija dan Timnas Piala AFF. 


Ambil contoh, dalam satu dekade terakhir atau lima edisi sebelumnya, Persija memang rutin mengirimkan delegasinya


Pada Piala AFF 2020, ada nama Ryuji Utomo. Tapi, kala itu dia dipanggil Timnas setelah tampil apik dalam masa peminjaman di Penang FC.


Di edisi 2018, hadir Andritany Ardhiyasa dan “Si Kancil” Riko Simanjuntak. Keduanya menjadi bagian penting di Timnas kendati langkah Indonesia tidak panjang (babak grup).


Sebelumnya, Andritany bersama Gunawan Dwi Cahyo menjadi wakil Persija pada edisi 2016. Mereka nyaris menjadi juara andaikan Timnas tidak takluk dari Thailand di partai puncak.


Kemudian di edisi sebelumnya, Piala AFF 2014, ada nama Ramdani Lestaluhu yang masuk daftar panggil. Dirinya bahkan mecetak dua gol di laga pamungkas Grup A vs Laos.


Sementara itu, di Piala AFF 2012 hadir sosok Top Skor Liga Indonesia 1999/2000, Bambang Pamungkas.


Semoga jejak Persija di Piala AFF tidak pernah terputus!