KOMENTAR RIO FAHMI USAI BERIKAN DUA ASSIST UNTUK TIMNAS U-22
KOMENTAR RIO FAHMI USAI BERIKAN DUA ASSIST UNTUK TIMNAS U-22

Bek sayap Persija Jakarta, Ilham Rio Fahmi memberikan kontribusi besar saat Timnas U-22 menaklukan Filipina di laga pertama SEA Games 2023. Laga yang dilakoni di Stadion Nasional Olimpiade, Phnom Penh, Kamboja, Sabtu (29/4/2023) sore, itu berakhir dengan skor 3-0. 


Rio yang ditempatkan sebagai bek sayap kanan tampil gemilang sepanjang laga. Tak hanya tangguh dalam menggalang pertahanan, tapi cerdas dalam membantu serangan.


Buktinya, ia berhasil memberikan umpan gol kepada Marselino Ferdinan (45’) dan Fajar Fathur Rachman (90+2). Assist pertama berawal dari kecerdikan Rio yang melihat Marselino berlari masuk ke arah kotak penalti. Umpan setengah gantung langsung ia lepaskan dan sukses dikonversi Marselino menjadi gol dengan sepakan keras ke sudut kiri gawang lawan. 


Assist kedua Rio hadir dengan skenario yang sama. Rio yang melihat Fajar yang tidak terkawal di sayap kiri memutuskan untuk memberikan umpan lambung. Fajar yang menerima umpan matang Rio tak berpikir dua kali untuk langsung melepaskan sepakan keras ke arah gawang Filipina.


Saat ditanya mengenai laga melawan Filipina, Rio menyebutkan Timnas sempat merasa sedikit kesulitan di babak pertama. 


“Alhamdulillah laga pertama kami di SEA Games tahun ini bisa kami lewati dengan kemenangan. Kami tahu setiap laga di  sebuah kompetisi tidak pernah mudah. Laga melawan Filipina pun sangat panas. Pada babak pertama kami bermain dengan suhu 38 derajat celcius. Jadi kami sempat bermain kurang maksimal. Namun alhamdulillah kami mampu menambah dua gol di babak kedua,” ucap Rio.


Peraih gelar Pemain Muda Terbaik Liga 1 2022/2023 itu bersyukur bisa memberikan banyak kontribusi atas kemenangan Garuda Muda.


“Saya senang bisa membantu teman saya mencetak gol dari dua assist yang saya berikan. Namun saya tidak mau terlarut dengan itu. Kemenangan Indonesia atas Filipina buat saya bisa terjadi karena kerja sama dan kerja keras seluruh pemain,”  tutur pemain yang menggunakan nomor punggung tiga di Timnas U-22 tersebut.


Rio mengaku kemenangan yang diraih Timnas Indonesia merupakan langkah awal yang baik untuk bertarung memperebutkan medali emas SEA Games 2023.


“Walaupun kami meraih tiga poin di laga pertama ini, tentu saja kami masih memiliki banyak hal yang harus dievaluasi. Perlu diingat, kemenangan ini baru saja permulaan bagi Timnas di ajang SEA Games. Insyaallah kami akan terus fokus untuk laga selanjutnya.” kata Rio.


Sementara itu, di laga vs Filipina juga ada dua nama lain milik Persija yang ambil bagian. Mereka adalah Rizky Ridho Ramadhani di posisi bek dan Witan Sulaeman di pos depan. Muhammad Ferarri masih berada di bangku cadangan.


Setelah Filipina, Indonesia akan dijadwalkan melawan Myanmar di Stadion Nasional Olimpiade, pada Kamis (4/5/2023), pukul 16.00 WIB.


Terus lebarkan sayapmu Garuda Muda!