PERSIJA DAN THE JAKMANIA BERDISKUSI BANYAK HAL DI MARKAS MACAN KEMAYORAN
PERSIJA DAN THE JAKMANIA BERDISKUSI BANYAK HAL DI MARKAS MACAN KEMAYORAN

Rabu (25/10/2023) malam di markas Persija, Nirwana Park, Bojongsari, manajemen Macan Kemayoran berserta tim pelatih, ofisial, dan seluruh pemain berdiskusi banyak hal dengan suporter sejatinya, the Jakmania.


Pertemuan tersebut didasari dari rentetan hasil negatif yang dialami tim besutan Thomas Doll di putaran pertama Liga 1 2023/2024. Teman-teman Jakmania datang dengan banyak tanda tanya mengapa musim ini performa Persija menurun. Di sisi lain, manajemen menjawab dengan keterbukaan agar semuanya bisa terang-benderang.


“Terima kasih telah meluangkan waktu. Semoga pertemuan ini bisa mengubah suasana semakin baik lagi di kedua belah pihak. Jika ada yang mengatakan kecewa, kami (manajemen dan tim) pun semua kecewa. Tapi, kekecewaan ini harus menjadi pemicu agar semuanya bisa melihat di depan kaca untuk saling mengintropeksi diri masing-masing,” kata Ambono Janurianto, Direktur Utama Persija, kepada Jakmania yang hadir.


Kepada pemain ke-12, Ambono memastikan bahwa Persija sudah bersiap untuk bangkit di putaran kedua. Mulai dari sentuhan di komposisi pemain maupun aspek finansial.


“Kami memberikan kelonggaran kepada Coach (Thomas Doll) dalam menentukan yang terbaik bagi Persija di putaran kedua. Kami harus memandang putaran kedua dengan jauh lebih baik,” tuturnya lagi.




Jakmania pun mendengar langsung pandangan pelatih Thomas Doll terkait kondisi tim saat ini.


“Setelah mengalami musim lalu luar biasa, peringkat kedua, semua pasti punya ekspektasi di musim ini bisa melangkah ke level yang lebih tinggi. Tapi, pada akhirnya kita semua kecewa. Banyak hal yang menyebabkan ini terjadi,” ujar Thomas.


“Saat tren tidak baik datang maka tekanannya menjadi buruk. Ini bukan salah pemain saja atau salah pelatih. Di tim saya tekankan menang bersama dan saat situasi seperti ini pun harus bersama. Kami harus menemukan jalan keluar bersama,” ucap pelatih asal Jerman itu.




Kapten tim Andritany Ardhiyasa mengutarakan permintaan maaf kepada Jakmania atas hasil yang tak menggemberikan saat ini.


“Saya sebagai kapten tim meminta maaf. Hasil minor bukan yang kami inginkan. Teman-teman semua ada di hati saya. Kalian tak pernah meninggalkan tribune dan itu sangat kami apresiasi,” kata Andritany.




Sementara itu, Ketua Umum Jakmania, Diky Soemarno, menyuntikan motivasi kepada Rizky Ridho dkk.


“Kami harus berbuat apa agar kalian bisa menang? the jakmania ada di sini buat kalian. Yang kami mau hanya dua, evaluasi diri masing-masing dan perbaiki semuanya,” tutur Diky di hadapan manajemen dan tim.


“Kita (Persija) pernah lebih buruk dari ini. Anggap pertandingan selanjutnya adalah final yang harus kalian menangkan. Ini demi harga diri kota ini, nama kalian, keluarga kalian, dan nama Persija. 


Jadi, kami butuh komitmen kepada kalian bahwa semua pertandingan harus dianggap final? Setelah detik ini, setelah pertemuan ini, anggap semua laga itu final,” ujar Diky.