PERSIJA HEALTHY WAY: DUA CARA MENJADI JUARA
PERSIJA HEALTHY WAY: DUA CARA MENJADI JUARA

Menjadi juara dan cara hidup adalah dua aspek yang tak bisa dipisahkan. Jika bicara target juara, maka harus dilihat dulu bagaimana cara hidup seorang atlet.


Persija lewat program terbarunya, Persija Healthy Way, ingin berbagi pengetahuan terkait cara hidup yang ideal untuk atlet profesional. Emilia E. Achmadi, Clinical Dietitian atau ahli gizi klinis Persija, membeberkan dua hal utama untuk menunjang performa atlet di arena pertandingan.


“Kalau kita bicara kemenangan atau satu tim mencapai titik tertinggi, yang kita tidak lihat adalah apa yang terjadi di bawahnya. (Melihat) Performa hanya membutuhkan satu simpel segitiga. Titik yang paling atas adalah latihan setiap hari. Tapi yang tidak orang lihat adalah bahwa latihan itu didukung oleh dua titik yang mungkin belum terpikirkan,” tutur Emilia.


“Yang pertama adalah istirahat. Saya selalu mengatakan kepada atlet-atlet saya, jika kamu mau mendapatkan hasil optimal di lapangan tergantung kamu tidur sebelumnya. Tidur is not tidur bagi atlet. Tidur adalah bentuk dari pekerjaan,” katanya lagi.


“Titik kedua yang mendukung latihan adalah energy system. You are what you eat. Kalau Anda adalah mobil biasa maka menggunakan bensin biasa. Kalau Anda mobil balap bensinnya sedikit berbeda. Kalau Anda Formula 1, tentu saja kualitas dari bahan bakarnya total yang tidak dilihat orang setiap hari,” ucap Emilia.


Dua hal itu adalah penopang utama dalam langkah seorang atlet untuk ke podium juara. Namun, itu saja tidak cukup.


“Mungkin kedengarannya (dua hal itu) sangat sederhana. Yang tidak sederhana adalah melakukannya setiap hari. Seberapa konsisten dan seberapa disiplinnya Anda melakukan hal yang sama.


Ingat, pekerjaan sebagai atlet profesional adalah konsistensi melakukan kegiatan yang sama terus menerus. Tidur is not tidur, tidur adalah kerja. Makan bagi atlet bagi atlet bukan hanya sekadar makan. Makan adalah kerja,” ujarnya melanjutkan.


Jangan lupa ikuti episode Persija Healthy Way selanjutnya dengan topik-topik menarik lainnya.