PROFIL DONY TRI PAMUNGKAS: HANYA BUTUH SATU TAHUN
PROFIL DONY TRI PAMUNGKAS: HANYA BUTUH SATU TAHUN

Selasa, 28 September 2021, menjadi hari bersejarah untuk Liga 1. Pasalnya, tepat di hari itu muncul pemain termuda dalam sejarah Liga 1 yang mulai bergulir pada 2017.


Adalah Dony Tri Pamungkas sosok yang dimaksud. Pemain kelahiran Boyolali, 11 Januari 2005 itu melakoni debut dalam laga vs Persita di Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor, dalam usia 16 tahun delapan bulan 17 hari.


Bila melihat rekam jejak Dony di Persija, sebenarnya sejak memulai dari tim junior hingga melakoni debut di tim senior terbilang singkat. Kurang lebih proses itu dilalui hanya dalam waktu satu tahun saja.


“Awalnya saya seleksi di tim EPA Persija U-16 pada Oktober 2020. Kala itu saya seleksi dari SSB Bina Taruna. Alhamdulillah saya diterima masuk Persija Akademi,” kata Dony.


Bab baru dalam karier Dony pun hadir setahun setelahnya, 2021, tepatnya saat tim utama Persija tengah bersiap-siap tampil di Liga 1 2021. Dony menjadi salah satu pemain muda yang diajak ikut berlatih bersama tim senior hingga akhirnya direkomendasikan untuk promosi.


“Senang dan tak menyangka bisa secepat ini. Orang tua saya pun sempat menangis pada saat lihat saya debut. Tapi saya tentu tidak puas. Saya harus mendorong diri saya agar bisa mengeluarkan kemampuan terbaik saya lagi,” tuturnya.


Target Dipantau Shin Tae-yong

Sementata itu, Dony sejatinya telah menyiapkan diri untuk menghadapi pemain-pemain lawan yang umumnya memiliki postur lebih besar darinya. Sebab, meski memiliki tinggi yang cukup ideal, badannya dianggap masih kurang berisi.


“Saya harus main lebih pintar, yaitu main 1-2. Kalau main 1-1 susah. Selain itu, mental harus terus saya kembangkan,” ucapnya.


Pemain bernomor punggung 77 itu pun berharap bisa terus mendapatkan kesempatan main di Liga 1 2021/2022. Saat ini Dony telah tampil di tujuh laga dengan rincian satu kali satarter dan enam sebagai pemain pengganti. 


“Target saya ke depannya bisa mendapatkan banyak menit bermain dan bisa terpantau oleh pelatih timnas, Shin Tae-yong. Saya memiliki harapan untuk bisa tampil di Piala Dunia U-20 2023. Untuk itu saya akan bekerja keras dalam latihan dan pertandingan,” ujar pengidola Osvaldo Haay dan Lionel Messi itu.