RAYAKAN USIA 25 TAHUN, THE JAKMANIA BERSHOLAWAT DI MASJID ISTIQLAL
RAYAKAN USIA 25 TAHUN, THE JAKMANIA BERSHOLAWAT DI MASJID ISTIQLAL

Suporter istimewa Persija Jakarta, the Jakmania, menapaki usia perak pada Senin, 19 Desember 2022. Dalam memperingati hari jadinya itu, mereka menggelar tasyakuran milad the Jakmania 25 tahun dengan tajuk The Jakmania Bersholawat di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, Minggu (18/12/2022) malam.


Ratusan anggota the Jakmania serta para pendirinya, manajemen Persija yang diwakilkan oleh Direktur Utama Ambano Janurianto, dan perwakilan Pemerintahan Provinsi DKI Jakarta, Kadispora Achmad Firdaus, hadir dalam acara tersebut. 


The Jakmania Bersholawat berlangsung khidmat. Diawali dengan salat magrib berjamaah, pembacaan sholawat dan tahlil, salat isya berjamaah, pembacaan maulid nabi Muhammad SAW, sambutan dari berbagai elemen, hingga ceramah dari Ustad Rizky Tamami dan Al Habib Abdallah Bin Ja Far Assegaf, menjadi rangkaian acara tersebut.




Dirut Persija berharap usia perak ini dijadikan momentum bagi the Jakmania untuk maju ke level yang lebih baik.


“Usia 25 tahun merupakan usia yang matang. Bila disamakan seperti keadaan manusia berarti sudah menempuh usia kuliah. Yang utama buat Jakmania adalah terus maju dan terus menjadi inspirasi untuk suporter tim sepak bola lainnya.


Terima kasih selama ini setia mendukung Persija. Tanpa mereka Persija bukan tim apa-apa. Dalam kolaborasi ini ada dua pihak yang saling memberikan semangat. Semangat kami hadir dari Jakmania dan semoga Jakmania makin semangat mendukung Persija.


Apa pun yang terjadi kita adalah satu-kesatuan karena tak bisa dipisahkan. Tidak ada dalam dunia ini pihak yang bisa hidup sendiri. Mari berkolaborasi untuk kemajuan kita semua. Insyaallah kita semua bisa membuat bangga Persija dan Jakmania,” kata Ambono di depan ratusan Jakmania.




Sementara itu, satu dari 40 pendiri Jakmania, Sarnubi, mengungkapkan harapannya di momen spesial tersebut.


“Semoga menjadi suporter yang makin baik dan panutan kelas dunia. Saya mewakili Jakmania senang karena sekarang sudah banyak anggotanya. Kami mulai tersenyum cita-cita kami mulai jadi kenyataan. Usia 25 tahun sangat matang tapi banyak godaan. Pendiri Jakmania menitipkan kepada ketua sekarang (Diky Soemarno) untuk selalu menjaga Jakmania untuk Persija,” kata sosok yang akrab disapa Bang Zukhy itu.




Hal sedana diutarakan oleh Ketua Umum the Jakmania, Diky Soemarno. “Hari ini (19/12/2022) kita sudah berusia 25 tahun, seperempat abad. Usia di mana kita harus lebih bertanggung jawab lagi, harus memilih akan seperti apa kita 25 tahun ke depan. Kita sama-sama berharap apa yang kita lakukan untuk Jakmania dan dengan the Jakmania segalanya demi kembaikan Persija,” tuturnya di depan anggota Jakmania.


Selamat ulang tahun, Jak!