REVIEW PERSIJA VS PSM: MENANG 4-2,MACAN KEMAYORAN PUNCAKI KLASEMEN
REVIEW PERSIJA VS PSM: MENANG 4-2,MACAN KEMAYORAN PUNCAKI KLASEMEN

Persija Jakarta mengakhiri pertandingan melawan PSM dengan kemenangan 4-2 di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Rabu (25/1/2023) sore.


Sejak menit pertama Persija sudah langsung menggempur pertahanan PSM. Hasilnya pada menit ke-22 Macan Kemayoran berhasil mencetak gol. 


Berawal dari umpan silang Riko Simanjuntak, penyerang asal Bahrain, Abdulla Yusuf Helal langsung menyepak bola dengan keras ke arah gawang lawan. Penjaga gawang PSM, M. Reza Arya, tak mampu menghalau sepakan kerasnya. Skor 1-0 untuk Persija.


Pada menit 37’ Riko yang berkali-kali memberikan ancaman ke gawang PSM berhasil memberikan umpan terukur kepada Aji Kusuma. Aji yang menerima bola dengan bebas mengambil inisiatif untuk melewati Reza. Setelah sukses melewatinya, Aji mencongkel bola ke sisi kanan gawang. Skor 2-0 hingga peluit istirahat dibunyikan.


Saat babak kedua dimulai Persija tidak memilih bertahan, melainkan terus menyerang untuk menambah keunggulan.


Pada menit 55’ bek muda Persija, Muhammad Ferarri melihat Aji yang berlari tanpa kawalan langsung memberikan umpan terobosan ke lini depan. Dengan tenang Aji mencetak gol lewat proses yang sama, yaitu melewati penjagaan kiper lawan lebih dulu sebelum menceploskan bola ke gawang. Skor 3-0 untuk Persija.


Kalah 0-3 tidak membuat PSM patah arang. Pada menit 67’, mereka memberikan gol balasan. Serangan yang berawal dari Ramadhan Sananta berhasil dikonversi dengan cantik oleh Everton. Skor 3-1.


Kemasukan satu gol membuat Hanif Sjahbandi dkk. makin panas. Saat mendapat kesempatan tendangan bebas dari sisi kiri kotak penalti pada menit 81’, Yusuf langsung menendang bola sangat keras setelah bola digeser terlebih dahulu oleh Syahrian Abimanyu. Skor 4-1.


Kemenangan yang sudah depan mata sempat membuat Persija lengah. Gelandang PSM, Rasyid Assahid Bakri memperkecil ketinggalan pada menit 92’. Skor berakhir 4-2 untuk kemenangan Persija.


Pelatih Persija, Thomas Doll mengungkapkan kegembiraanya atas kemenangan yang diraih.


“Kami bisa berbangga hari ini karena Persija bermain sangat baik melawan tim yang berada di posisi pertama, tim yang sangat kuat, dan punya pertahanan yang bagus,” ucap Thomas.


Menurut mantan pemain Lazio itu, tim asuhannya melakukan sesuai apa yang sudah dilatih dan dipersiapkan saat latihan.


“Semua yang sudah dilatih, apa yang sudah dipersiapkan sebelumnya mereka lakukan hari ini di lapangan,” kata Thomas.


Thomas pun menilai bahwa timnya sudah kembali ke jalur kemenangan. Kini Yusuf dkk. berhasil menggeser PSM dari puncak klasemen (hingga 25/1/2023) meski sama-sama mengantongi 38 poin.


“Kami berhasil mencetak tiga gol melawan Bali United dan kini kami berhasil mencetak empat gol melawan PSM. Kini tim sudah berada di jalur yang tepat dan saya senang akan hal ini,” ujar Thomas.


PERSIJA (3-4-2-1): 26-A. Ardhiyasa; 41-Muhammad Ferarri, 17-Ondrej Kúdela, 23-Hansamu Yama; 21-Alfriyanto Nico (2-Rio Fahmi '57), 19-Hanif Sjahbandi, 24-Resky Fandi, 11-Firza Andika (55-Dandi Maulana '85); 25-Riko Simanjuntak (8-Syahrian Abimanyu '67), 9-Abdulla Yusuf Helal (46-Osvaldo Haay '85); 99-Aji Kusuma (57-Ginanjar Wahyu '57)