RIO BANGGA JALANI DEBUT BERSERAGAM TIMNAS
RIO BANGGA JALANI DEBUT BERSERAGAM TIMNAS

Bek muda Persija, Ilham Rio Fahmi (20), mewujudkan mimpinya berlaga dengan lambang garuda di dada. Dalam pemusatan latihan (TC) timnas U-23 di Korea Selatan, ia mendapatkan kesempatan debut dalam laga uji coba.


Momen indah itu terjadi dalam uji coba perdana timnas U-23 kontra Andong University di Haemaji Football Field (21/4/2022). Rio masuk sebagai pemain pengganti menggantikan rekan setimnya, Firza Andika dan berhasil mengakhiri pertandingan dengan kemenangan 4-2.


Meski hanya partai uji coba, Rio tetap bersyukur bisa tampil di level timnas. Terlebih lagi di laga kedua, yaitu vs Pohang Steelers di Stadion Steel Yard, Pohang (23/4/2022), dirinya bermain sebagai strarter. Bermula di bek kiri kemudian digeser ke posisi regulernya sebagai bek kanan.


“Alhamdulillah saya sangat bersyukur dan bangga dikasih kesempatan bermain oleh pelatih. Ini ibarat mimpi yang menjadi sebuah kenyataan. Pastinya sangat bersyukur. Tapi tentunya belum puas karena ini masih awal dari perjalanan saya dan masih banyak mimpi yang harus diraih,” kata Rio.


Pemain asal Banjanegara itu pun bersyukur rekan-rekan yang lain menerimanya dengan baik meski ia anak baru di timnas.


“Adaptasi alhamdulillah lancar. Teman-teman di sini baik dan welcome semua walaupun saya baru masuk ke timnas. Teman-teman sangat baik dan saling support satu sama lain,” tuturnya lagi.


Sementara itu, Rio pun mengatakan tak menemui kendala dalam hal teknis. Instruksi pelatih Shin Tae-yong mampu dia pahami dengan jelas.


“Alhamdulillah tidak ada kendala sama sekali di sini karena saya sebagai pemain harus menjalankan apa yg diinginkan oleh pelatih agar strategi berjalan dengan lancar,” ucap pemilik satu gol di Liga 1 2021/2022 itu.


Maju terus Rio!