RIZKY RIDHO DAN WITAN SULAEMAN BANGGA BISA PERSEMBAHKAN EMAS SEA GAMES 2023
RIZKY RIDHO DAN WITAN SULAEMAN BANGGA BISA PERSEMBAHKAN EMAS SEA GAMES 2023

Kemenangan 5-2 yang diraih Timnas U-22 atas Thailand dalam laga puncak SEA Games 2023 yang berlangsung di Stadion Nasional Olimpiade, Phnom Penh (16/5/2023), menjadi euforia seluruh masyarakat Indonesia.


Sebab, raihan medali emas itu sudah menjadi impian banyak orang lebih dari 30 tahun. Terakhir Indonesia membawa pulang emas SEA Games pada edisi 1991.


Raihan medali emas ajang multicabang se-Asia Tenggara itu pun menjadi hal yang spesial bagi Persija Jakarta. Dalam perhelatan SEA Games, khususnya laga final, empat pemain Persija bahu-membahu berjuang mengalahkan Thailand.


Rizky Ridho bermain penuh sepanjang laga, Witan Sulaeman bermain hingga menit 94’ hingga akhirnya digantikan Ilham Rio Fahmi, dan Muhammad Ferarri masuk pada menit ke-70 menggantikan Alfeandra Dewangga. 


Pada laga tersebut, Ridho dan Rio berkontribusi di dua dari lima gol Timnas. Pada masa injury time babak pertama, Ridho memberikan umpan panjang kepada Ramadhan Sananta yang berada di depan. Beruntung terdapat miskomunikasi antara barisan pertahanan Thailand sehingga Sananta bisa mencongkel bola dari Ridho itu ke dalam gawang Thailand.


“Alhamdulillah saya hanya bisa bersyukur atas assist itu. Yang terpenting dari semuanya saya bisa mempersembahkan emas untuk Indonesia,” tutur Ridho.


Sementara Rio mencatatkan dirinya sebagai pemberi assist setelah aksi individunya menusuk ke dalam kotak penalti Thailand diakhiri dengan umpan ke Fajar Fathur Rachman. Fajar dengan cerdik memanfaatkan kesempatan untuk melepaskan sepakan keras yang berujung gol.


Tampil sebagai kapten Timnas, Ridho turut berterima kasih kepada seluruh pemain, pelatih dan ofisial yang sudah berjuang selama ini.


Pemain rekrutan kedua pelatih Persija, Thomas Doll, untuk musim 2023/2024 itu merasa bangga bisa menjadi bagian sejarah Indonesia di ajang SEA Games.


“Alhamdulillah semua yang ada di tim sudah bekerja sangat keras. Saya ingin mengucapkan banyak terima kasih kepada seluruh pelatih serta ofisial, terutama teman satu tim yang sudah berjuang dan memberikan semua yang mereka miliki. Alhamdulillah saya bangga pernah berjuang dengan mereka semua di tim ini,” ucap Ridho.


Rasa syukur juga diutarakan oleh Witan Sulaeman. “Alhamdulillah setelah 32 tahun Indonesia dapat medali emas lagi. Hasil ini untuk istri, keluarga, dan khususnya untuk masyarakat Indonesia,” katanya.


Selamat Garuda Muda, kalian luar biasa!