KOMENTAR FIRZA ANDIKA SOAL PENGALAMANNYA TAMPIL SEBAGAI BEK TENGAH
KOMENTAR FIRZA ANDIKA SOAL PENGALAMANNYA TAMPIL SEBAGAI BEK TENGAH

Bek sayap Persija Jakarta, Firza Andika, sudah bebas dari larangan satu kali bermain setelah mendapat kartu merah kala melawan Arema FC pada pekan kesembilan (20/8/2023). 


Kini, Firza sedang sibuk melakukan persiapan untuk melawan Persib di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Sabtu (2/9/2023), pukul 15.00 WIB.


Setelah menyudahi hari kedua (29/8/2023) persiapan khusus di Nirwana Park, Bojongsari, Firza mengaku bahwa dirinya siap dimainkan dimana saja demi kemenangan Persija.


Di Liga 1 2023/2024 Firza sudah beberapa kali mengisi posisi bek tengah dengan skema tiga bek sejajar. Ia menggantikan Hansamu Yama yang sempat cedera saat melawan Bhayangkara FC. Firza pun menceritakan pengalamannya saat diminta pelatih Thomas Doll untuk bermain sebagai bek tengah.


“Saat saya diarahkan untuk menggantikan Hansamu Yama jadi bek tengah, saya sedikit terkejut karena selalu fokus bermain sebagai bek sayap. Tapi, pasti saya berusaha sebisa mungkin memenuhi kepercayaan pelatih,” ujar Firza.


Pemain kelahiran Medan 24 tahun yang lalu itu akhirnya kerap menjadi pilihan pertama Thomas Doll untuk mengisi posisi bek tengah dalam tiga laga Macan Kemayoran. Walaupun begitu dirinya mengaku belum sempurna sebagai pemain karena masih melakukan kesalahan fatal yang membuat dirinya harus keluar lapangan lebih cepat.  


“Kesempatan itu (bermain sebagai bek tengah) datang lagi saat melawan Persebaya, Madura United, dan Arema FC. Memang pada saat saya dapat kartu merah saya tidak berhati-hati. Saya paham betul hal itu menciptakan konsekuensi yang besar untuk tim. Pastinya kejadian seperti tersebut menjadi pembelajaran buat saya,” ucap Firza.


Mantan pemain PSMS Medan itu pun menyebutkan, bukan posisi bek tengah saja, jika memang diperlukan bermain di posisi lain, dirinya akan memberikan yang terbaik untuk Tim Ibu Kota.


“Menurut saya selagi tenaga saya dibutuhkan oleh tim dan pelatih, mau itu sebagai pemain tengah atau pemain depan, saya akan berjuang semaksimal mungkin untuk Persija,” kata Firza.