NATAL JAKMANIA : KASIH YANG MEMPERSATUKAN
NATAL JAKMANIA : KASIH YANG MEMPERSATUKAN

Memasuki bulan Desember selalu identik dengan nuansa Hari Natal dan Tahun Baru, begitu juga bagi the Jakmania. Tahun ini adalah penyelenggaraan yang keempat secara beruntun sejak 2020 bagi kelompok suporter Persija itu. Dengan mengusung tema "Kasih yang Mempersatukan" diadakan di KO+Labora Coworking Space, Hayam Wuruk Tower, Lantai 21, Jakarta Barat, Minggu (17/12/2023). Acara Natal Bersama Jakmania ini berjalan dengan menarik dan hikmat serta dihadiri oleh umat Nasrani the Jakmania, Pengurus Pusat serta Ganesha Putera, Wakil Presiden Persija, mewakili manajemen Macan Kemayoran. 

Kegiatan Natal ini sudah dijalankan selama empat tahun beruntun sejak 2020. Dua tahun awal diadakan hanya dengan melakukan kunjungan ke panti asuhan, karena masih dalam situasi Pandemi. Sedangkan dua tahun terakhir sudah dilakukan dengan tatap muka. Acara kali ini diisi oleh khotbah dari Ps Raguel Lewi dan juga kesaksian dari Tessa Witarsa, cucu dari Drg Endang Witarsa, eks pelatih Persija yang mengantarkan Macan Kemayoran meraih gelar juara 1964.


Bagi panitia, mengangkat tema tersebut menjadi momentum yang tepat dengan kondisi saat ini. "Natal kali ini mengangkat tema "Kasih yang Mempersatukan", sejalan dengan anthem serta slogan yang sudah kita kenal yaitu Persija Menyatukan Kita Semua. Hal ini harus terjadi dimanapun, tidak hanya di dalam stadion," ungkap James Ishak Rabison, Ketua Panitia yang juga adalah perwakilan dari Korwil Cibarusah.

Hal senada diungkapkan oleh Diky Soemarno, Ketua Umum the Jakmania, yang menegaskan bahwa momen ini menunjukkan bahwa the Jakmania tidak hanya berasal dari satu keyakinan saja, tapi juga dari beragam keyakinan termasuk di dalamnya Nasrani. "Motto "Persija Menyatukan kita Semua" harus dapat diaplikasikan dalam segala hal. The Jakmania tidak hanya dari satu keyakinan tapi datang dari banyak kepercayaan. Melalui perayaan Natal ini, kita semua berkumpul dan berdoa bersama. Harapannya dengan kegiatan ini pecinta Persija dan The Jakmania bisa bersatu dalam kasih, bisa terus berdoa untuk kemuliaan Persija dan kebaikan the Jakmania. Semoga kasih yang terjadi diantara Persija dan the Jakmania selalu mempersatukan kita semua," terang Diky. 


Sementara Ganesha Putera, Wakil Presiden Persija, mengucapkan banyak terima kasih atas penyelenggaraan Natal yang sudah rutin diadakan the Jakmania. "Kegiatan Natal selalu dapat memberikan inspirasi baru bagi Persija dan the Jakmania, terutama bagi rencana-rencana ke depan. Terutama seperti saat ini, tim Persija dalam masa sulit. Sangat diperlukan menyatu dalam kasih antara Persija dan the Jakmania, agar dapat bekerja lebih baik di tahun mendatang," ujar Ganesha yang hadir mewakili manajemen Persija. 

Selamat Hari Raya Natal dan Tahun Baru bagi yang Merayakan!