PARA DEBUTAN PERSIJA TAK SABAR MEMULAI LIGA 1 LAGI
PARA DEBUTAN PERSIJA TAK SABAR MEMULAI LIGA 1 LAGI

Di Liga 1 2022/2023, Persija melanjutkan tren positif seperti musim lalu, yaitu memberikan kesempatan debut kompetisi kasta tertinggi kepada pemain mudanya. 


Dua nama yang mendapatkan momen istimewa itu adalah Frengky Deaner Missa yang beroperasi di posisi bek sayap dan Ginanjar Wahyu di barisan lini depan. Keduanya telah melakoni laga debut dalam partai perdana Liga 1 2022/2023, yakni vs Bali United (23/7/2022).


Selain dua sosok lokal, pelatih Thomas Doll pun menggunakan jasa empat legiun asing debutan di Liga 1. Mereka adalah Ondrej Kudela (Ceko), Hanno Behrens (Jerman), Abdulla Yusuf Helal (Bahrain), dan Michael Krmencik (Ceko). 


Lantas bagaimana rapor mereka dalam 10 pekan Liga 1? Dari sisi menit main, Kudela menjadi yang paling unggul. Bek tim nasional Ceko itu perannya tak tergantikan dalam 10 laga Persija, yaitu tampil 10 kali dengan catatan 900 menit main.


Dilihat dari produktivitas gol, Krmencik memimpin dengan koleksi lima gol. Di belakangnya ada Yusus dan Hanno (3 gol) serta Frengky (1).


Sayangnya, aksi mereka belum bisa ditunjukkan lagi karena Liga 1 musim ini masih vakum pascatragedi Kanjuruhan.


“Harapan saya untuk situasi ini semoga sepak bola Indonesia bisa kembali bergulir karena tentu ini penting bagi banyak orang di Indonesia. Kami menunggu yang terbaik bisa kembali bersama para pendukung kami. Dengan adanya pendukung sepak bola akan jauh lebih baik. Jadi saya berharap kami bisa segera kembali memainkan sepak bola lagi,” tutur Hanno Behrens. 


“Kami berada di masa-masa yang tidak mudah. Tanpa bermain, tanpa adanya sepak bola, tentu kami berharap bisa segera kembali bermain. Tentu harus bersama dengan para pendukung karena kami pun merindukan mereka. Kami merindukan atmosfer mereka di stadion. Dukungan mereka memberikan semangat lebih untuk kami,” kata Yusuf menimpali Hanno.



Berikut Statistik Debutan Persija:


Ondrej Kudela

Main: 10

Menit Main: 900

Starter: 10

Pengganti: -

Gol: -

Assist: - 

Kartu Kuning: 1


Frengky Missa

Main: 6

Menit Main: 436

Starter: 5

Pengganti: 1

Gol: 1

Assist: -

Kartu Kuning: 1


Hanno Behrens

Main: 8

Menit Main: 680

Starter: 8

Pengganti: - 

Gol: 3

Assist: 1

Kartu Kuning: -


Ginanjar Wahyu

Main: 5

Menit Main: 94 

Starter: -

Pengganti: 5 

Gol: -

Assist: - 

Kartu Kuning: - 


Abdulla Yusuf Helal

Main: 8

Menit Main: 606

Starter: 7

Pengganti: 1 

Gol: 3

Assist: -

Kartu Kuning: 2


Michael Krmencik

Main: 9

Menit Main: 741

Starter: 9

Pengganti: - 

Gol: 5

Assist: - 

Kartu Kuning: 1