SOSOK IDOLA ANDRITANY DI BAWAH MISTAR GAWANG
SOSOK IDOLA ANDRITANY DI BAWAH MISTAR GAWANG

Sebagaimana penjaga gawang pada lazimnya, Andritany Ardhiyasa pun memiliki idola sekaligus panutan. Kiper Persija ini menyebutkan satu nama yang menjadi inspirasinya untuk menjadi penjaga gawang terbaik di Indonesia hingga saat ini.

Sosok yang dimaksud kiper yang akrab Bagol ini adalah Hendro Kartiko. Hendro semasih aktif bermain adalah sosok yang disegani di kancah sepak bola Indonesia. Kariernya sebagai pemain panjang membentang sejak 1989 (level junior) hingga tahun 2012.

Kiper yang berkepala plontos ini termasuk pemain yang sukses baik itu di level klub maupun timnas. Hendro telah 60 kali memperkuat tim nasional sepak bola Indonesia sejak tahun 1996 dan merupakan salah satu pemain dengan penampilan terbanyak.

Kejuaraan yang pernah diikutinya adalah Piala Asia 1996 hingga Piala Asia 2004. Bahkan berkat penampilannya membuatnya ditetapkan sebagai kiper utama tim bintang Asia 2000 oleh AFC sekaligus ia juga pernah mendapatkan julukan Fabian Bartheznya Asia.

Hendro juga pernah memperkuat klub besar. Salah satunya Persija Jakarta yang pernah ia perkuat pada musim 2005/2006, 2008/2009, dan 2010/2011.

Maka dari itu Andritany tak ragu menyebut Hendro sebagai salah satu inspirasinya. Bahkan kiper bernomor punggung 26 ini pernah punya pengalaman unik dengan Hendro. Andritany juga pernah satu tim dengan Hendro di Persija pada musim 2010/2011.

"Salah satu inspirasi saya adalah Hendro Kartiko. Dahulu saya pernah pengalaman unik dengan dia. Saya sempat dimarahi sama dia di salah satu pertandingan Piala Tiger 2002,” ujar Bagol.

“Saat itu saya jadi ball boy ketika itu timnas sedang posisi kalah. Saya agak telat kasih bola ke mas Hendro, dia sempat marah ke saya. Woy mana bola cepat kasih saya, dia marah begitu pada saya. Padahal saya sangat mengidolai dia,"

"Akan tetapi kemarahan itu tidak membuat saya tersinggung bahkan karena peristiwa itu membuat mimpi saya agar bisa bermain untuk timnas Indonesia semakin besar dan Alhamdulilah mimpi itu tersebut terwujud saat ini," tutupnya.