THOMAS DOLL: MENGUBAH POSISI DEMI KEMENANGAN TIM
THOMAS DOLL: MENGUBAH POSISI DEMI KEMENANGAN TIM

Sejak kedatangannya di Persija Jakarta jelang Liga 1 2022/2023, pelatih Thomas Doll kerap melakukan perubahan posisi para pemainnya. 

Posisi beberapa nama sudah coba ia ubah. Hanif Sjahbandi yang lebih akrab dikenal sebagai gelandang kerap dijadikan seorang bek dalam formasi tiga bek. Muhammad Ferarri yang reguler tampil sebagai bek tengah pun pernah Thomas tempatkan sebagai gelandang sayap kanan dalam formasi 3-5-2.

Di laga terbaru vs Borneo FC di Stadion Sultan Agung, Bantul, Selasa (6/12/2022) malam, Thomas pun terlihat melakukan beberapa perubahan. Salah satunya Hanif yang kembali diplot sebagai bek.

“Dalam laga melawan Borneo, saya mempunyai beberapa ide untuk tim. Tidak hanya Hanif saja namun saya pun memberikan beberapa arahan untuk Rio (Fahmi) dan Riko (Simanjuntak),” tutur Thomas.

Thomas pun bangga karena perubahan yang ia terapkan dapat berujung positif.

“Merupakan keputusan yang bagus karena setelah melakukan perubahan kami bisa mencetak gol dan kami bisa menyerang dengan baik,” ucap Thomas.

Selain itu pelatih berkebangsaan Jerman itu pun mempunyai alasan mengapa banyak melakukan perubahan posisi untuk tim asuhannya.

“Banyak hal yang terjadi dalam laga itu, seperti Hamra (Hehanussa) dan Resky (Fandi) yang harus keluar lapangan lebih cepat karena cedera. Semua hal itu menyebabkan banyaknya perubahan,” kata Thomas.

Kendati banyak mengalami perubahan dan hanya mempunyai opsi yang sedikit, Thomas mengaku tidak kesulitan untuk menentukan pilihan.

“Dikarenakan tidak mempunyai banyak pilihan untuk saat ini jadi harus ada pemain yang diubah posisinya. Tapi, hal itu bukanlah masalah bagi saya,” ucap pelatih berumur 56 tahun tersebut.