RIZKY RIDHO: KECEWA PASTI, TAPI DAPAT PELAJARAN PENTING
RIZKY RIDHO: KECEWA PASTI, TAPI DAPAT PELAJARAN PENTING

Indonesia menelan kekalahan dari Jepang di partai terakhir Grup D Piala Asia 2023. Berlaga di Stadion Al Thumama, Qatar, Rabu (24/1/2024), skuad Garuda kalah 1-3.


Striker Jepang, Ayase Ueda berhasil mencetak gol pembuka pada menit keenam melalui titik penalti. Gol kedua terjadi pada menit 52’ kembali lewat aksi Ayase Ueda setelah memanfaatkan assist Ritsu Doan. Gol ketiga Jepang pada menit 88’ merupakan gol bunuh diri Justin Hubner yang mencoba memblok tendangan Ueda.


Satu-satunya gol Indonesia dicetak oleh Sandy Walsh pada menit 91’ setelah memanfaatkan sundulan Takumi Minamino yang melenceng tepat ke arahnya. Sandy yang tanpa kawalan dengan sigap melepaskan sepakan ke gawang Jepang.


Di laga tersebut, bek Persija, Rizky Ridho bermain penuh selama 90 menit. Usai laga dirinya mengungkapkan kekecewaannya karena gagal meraih poin pada laga melawan Jepang.




“Kami sudah berusah mengikuti arahan pelatih, semua pun sudah berusaha keras. Namun sayang kami tidak mampu meraih poin,” ujar Ridho.


“Kekecewaan pasti ada, tapi ini juga menjadi pembelajaran kami untuk bangkit menjadi lebih baik kedepannya,” kata Ridho melanjutkan.


Kini nasib Indonesia bergantung dari laga Grup F antara Oman vs Kirgizistan dan laga Grup E antara Bahrain vs Yordania yang akan melangsungkan laga ketiganya malam ini. Skema pertama yang harus terjadi agar Timnas lolos ke babak 16 besar adalah Oman harus imbang atau kalah melawan Kirgizistan.


Skema lainnya adalah Bahrain harus kalah minimal dengan defisit dua gol. Jika salah satu dari dua skema itu terjadi, maka Timnas Indonesia bisa lolos sebagai salah satu peringkat tiga besar terbaik.


Doa terbaik untuk kalian, Garuda!