WAWANCARA EKSKLUSIF SEBASTIEN LECLERC: AKAN MAKSIMALKAN POTENSI KOMERSIAL PERSIJA
WAWANCARA EKSKLUSIF SEBASTIEN LECLERC: AKAN MAKSIMALKAN POTENSI KOMERSIAL PERSIJA

Persija Jakarta kedatangan Direktur Komersial baru asal Perancis Sebastien Leclerc. Dengan banyaknya pengalaman di dunia sports marketing, pria berumur 53 tahun itu diharapkan dapat memaksimalkan potensi aspek komersial Macan Kemayoran.


Sebastian telah bercerita panjang lebar mengenai rencananya di Persija dan beberapa opininya tentang the Jakmania. Berikut petikan wawancaranya:


Mungkin beberapa dari Jakmania belum tahu Anda, boleh perkenalkan diri terlebih dahulu?

Nama saya Sebastian Leclerc, saya berasal dari Perancis. Umur saya 53 tahun dan saya menghabiskan karier profesional saya di bidang sports marketing. Saya memulainya di olahraga sepeda dengan melakukan kejuaran dunia bersama UCI. Lalu saya terjun di dunia sepak bola dengan bergabung dalam tim marketing di FIFA lalu pindah ke UEFA. Kemudian di bidang partnership saya pernah bekerja di Olympic Committee dan Red Bull Media House.


Bisakah Anda ceritakan tentang bagaimana proses kepindahan ke Persija?

Awalnya saya dihubungi oleh pihak Persija. Mereka menghubungi saya lewat kontak yang didapat dari pihak UEFA. Mereka memang sedang mencari marketing expert untuk bisa bekerja bersama Persija. Kami mulai membahas segalanya dan saya akhirnya menerima tawaran tersebut.


Dari sudut pandang komersial, apa yang membuat Anda tertarik untuk bergabung dengan Persija?

Tentu saja karena saya tertarik bekerja di sepak bola. Sebuah kehormatan bisa bekerja di sepak bola karena banyak orang yang mencintai olahraga ini. Adalah kesempatan berharga bisa bekerja di sebuah klub sepak bola. Persija merupakan salah satu klub terbesar di Indonesia, begitu pun dalam ruang lingkup Asia. Saya yakin bisa membantu dan berbagi pengalaman saya untuk klub ini. Saya sudah beberapa kali ke Indonesia dan saya menyukai negara ini. Saya yakin bisa bekerja dengan baik di sini. Hal itu pun jadi alasan saya untuk pindah ke Jakarta.


Apa hal pertama yang akan Anda lakukan untuk mengembangkan Persija dari sisi komersial?

Tugas dari manajemen klub adalah untuk bisa memperkuat brand Persija dan memaksimalkan potensi yang ada di sini dari sisi marketing tentunya. Kami akan mencari potensi dari berbagai aspek, salah satunya dari sisi sponsorship. Bekerja sama dengan banyak perusahaan yang tentunya berhubungan dengan sisi olahraga. Selain itu memaksimalkan sisi produk dan lisensi, serta hal lainnya yang bisa kami lakukan. Tentunya untuk memaksimalkan potensi yang dimiliki Persija


Jika semua aspek komersial bisa dimaksimalkan, bagaimana menurut Anda gambaran Persija nantinya?

Saya rasa Persija memiliki banyak kesempatan untuk berkembang di berbagai aspek yang mereka miliki. Tentunya bersama dengan klub sepak bola lainnya di Indonesia. Banyak kesempatan untuk berkembang dari aspek marketing yang ada di klub ini. 


Mulai dari sisi partnership Persija sudah memiliki fanbase yang sangat banyak. Yang mana ini adalah bagian penting dari klub dan hal yang esensial untuk masa depan klub ini. Aset digital kami harus bisa mengoptimalkan fanbase tersebut sebagai media komunikasi yang baik. Ini adalah salah satu nilai yang sangat penting untuk kami kembangkan dari sisi marketing.


Dari sudut pandang Anda, bagaimana hubungan antara prestasi tim dengan sisi komersial yang baik?

Ini adalah klub sepak bola, tentu semua akan tergantung pada hasil yang didapatkan tim di lapangan. Jadi jika yang dihasilkan tim asuhan Thomas Doll baik maka akan memudahkan pekerjaan di bidang lainnya. Tapi itu bukan satu-satunya cara karena kami harus bisa menjalin kerja sama yang kuat dari sisi marketing. 


Tentunya dengan didukung penuh oleh seluruh tim yang ada di Persija. Tujuan utamanya adalah agar tim ini bisa mencapai potensi maksimalnya. Di sisi lain, tentu yang paling utama tujuannya adalah mendukung sisi olahraga dari Persija itu sendiri.


Bagaimana pendapat anda terkait the Jakmania yang merupakan salah satu fanbase suporter terbesar yang ada di Indonesia?

Seperti yang sudah saya sampaikan, Jakmania adalah bagian dari Persija. Kami saling membutuhkan. Karena itulah kami punya kesempatan untuk memperbesar fanbase Jakmania ini. 


Kita harus bisa lebih baik dalam berkomunikasi dan berinteraksi dengan mereka. Mereka yang menjaga tim ini agar tetap pada jalurnya, mengatakan yang mereka suka maupun yang tidak dari klub ini. Kami punya kesempatan untuk memperbesar komunitas ini sebagai salah satu bagian dari ekosistem klub ini. 


Tujuan utama kami untuk bisa bekerja sama lebih dengan mereka dan menjalin interaksi yang baik. Kami harus bisa memilih apa yang bisa kami tampung dari pendapat mereka dan secara tim kami harus bisa menjaga hasil terbaik yang Persija harus bisa berikan. Karena saya yakin mereka pun punya tujuan yang sama, yaitu untuk kesuksesan Persija.


Pertanyaan terakhir, ada pesan yang ingin anda sampaikan kepada the Jakmania?

Pesan saya untuk the Jakmania terima kasih atas segala hal yang sudah kalian lakukan untuk klub ini. Tetap lah seperti sekarang karena kalian melakukan hal tersebut dengan baik. Pesan lainnya untuk the Jakmania semoga kalian menjadi lebih besar lagi, terus ajak Jakmania kecil yang bisa kalian ajak untuk mendukung Persija agar komunitas ini jadi lebih besar. Tujuannya agar kita bisa lebih berprestasi dan bisa lebih bekerja sama lagi. Ujungnya agar lebih bersemangat untuk klub kebanggaan kita bersama ini.