JAKMANIA BERTANGGUNG JAWAB, BANTU PERSIJA BAYAR SANKSI KOMDIS
JAKMANIA BERTANGGUNG JAWAB, BANTU PERSIJA BAYAR SANKSI KOMDIS

Berdasarkan hasil sidang Komite Displin (Komdis) PSSI pada 2 Agustus 2023, Persija, dalam hal ini Panitia Pelaksana (Panpel) Pertandingan, mendapatkan sanksi denda sebesar Rp25.000.000. Komdis menilai Panpel Persija gagal mengantisipasi kehadiran suporter Persebaya sebagai suporter klub tamu di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Minggu (30/7/2023).


Pascakeluarnya hasil sidang Komdis itu, Pengurus Pusat (PP) Jakmania yang diwakili Muhammad Aditya Putra selaku Sekretaris Umum PP Jakmania mengunjungi kantor Persija di Rasuna Office Park, Jumat (4/7/2023) siang. Ia menyampaikan permintaan maaf secara lisan sekaligus tertulis kepada Persija serta memberikan dana sebesar Rp25.000.000 sebagai bentuk rasa tanggung jawab.


“Kami Pengurus Pusat the Jakmania memohon maaf sebesar-besarnya kepada Persija karena tingkah laku anggota kami yang masih belum dapat mematuhi regulasi pada pertandingan Persija vs Persebaya kemarin sehingga Persija harus terkena sanksi. Sebagai bentuk pertanggung jawaban, kami akan membayar sanksi tersebut yang kami ambil dari uang kas organisasi the Jakmania. Kami pun memohon maaf kepada Polda Metro Jaya karena adanya komitmen yang dilanggar oleh kami. Semoga kejadian kemarin tidak menghilangkan kepercayaan para stakeholder sepak bola Jakarta kepada the Jakmania dan Persija,” tulis Jakmania dalam suratnya kepada kepada Persija.


“Sebelum pertandingan melawan Persebaya, kami sudah melakukan imbauan kepada teman-teman Bonek dan Bonita untuk tidak hadir di Jakarta sebagai bentuk kecintaan terhadap klub masing-masing. Sayangnya rasa ingin bertemu dan silaturahmi tidak bisa menahan itu. Kami sangat menyanyangkan hal tersebut yang berimbas kepada kerugian klub yang kita cintai,” tulis surat itu lagi.


Sementara itu, manajemen Persija mengapresiasi bentuk tanggung jawab yang dilakukan Jakmania. Hal ini harus menjadi momentum agar Persija dan Jakmania bisa terus saling mengingatkan untuk selalu menjaga nama besar Persija dan jaga nama baik Jakmania.


“Kami apresiasi pemberian Jakmania. Denda itu sebenarnya ditujukan ke Persija, tapi Jakmania merasa bertanggung jawab karena masuknya Bonek di pertandingan kemarin dengan fasilitas tiket ekonomi yang notabene sudah diserahkan kepada Jakmania,” kata Ferry Indrasjarief, Manajer Fans Engagement Persija.


“Tapi ada hal positif di laga kemarin (vs Persebaya). Setelah sekian lama akhirnya Bonek bisa menonton di SUGBK dengan berdampingan bersama Jakmania. Hal ini hanya pelanggaran regulasi. Tak ada kerusuhan atau pelemparan-pelemparan. Terima kasih Jakmania atas bantuan ini. Ke depanya sama-sama menjaga aturan yang telah ditetapkan. Untuk para pemangku kebijakan kehadiran Bonek yang bisa berdampingan dengan Jakmania ini semoga bisa menjadi evaluasi. Semoga suporter bisa berdampingan seperti dulu,” tutur Bung Ferry lagi.