KONSISTENSI MACIEJ GAJOS DAN GOL DIRECT FREEKICK PERTAMA DALAM LIMA TAHUN TERAKHIR
KONSISTENSI MACIEJ GAJOS DAN GOL DIRECT FREEKICK PERTAMA DALAM LIMA TAHUN TERAKHIR

Gelandang asal Polandia, Maciej Gajos, sudah melewati tahun pertamanya di Persija dalam perhelatan Liga 1 2023/2024.


Didatangkan dari Lechia Gdansk (Polandia), Gajos memulai debutnya pada pekan ketiga Liga 1 2023/2024. Ia sukses mencetak gol pertamanya kala melawan Arema FC pada pekan kesembilan (20/8/2023).


Memasuki putaran kedua, Gajos semakin panas. Setelah memberikan satu assist melawan PSIS (29/10/2023), dirinya sukses berkontribusi dalam lima laga berturut-turut. Tercatat, Gajos berhasil mencetak dua gol dan tiga assist. Salah satunya adalah assist apiknya yang dibuat untuk gol kemenangan Witan Sulaeman atas PSM pada pekan ke-18 (3/11/2023).


Bicara konsistensi sebagai pemain Eropa yang bermain di Indonesia, Gajos hanya absen tiga laga selama musim 2023/2024 berlangsung. Tiga partai yang dimaksud adalah kala kontra Borneo FC (6/2/2024) karena akumulasi kartu kuning. Sedangkan untuk laga melawan Arema FC (26/2/2024) dan Dewa United (2/3/2024), Gajos absen karena sakit demam yang dialaminya. Sisanya, Gajos selalu hadir di setiap laga Persija.


Sementara itu, di pengujung musim 2023/2024, Gajos berhasil mencetak gol istimewa. Gol lewat tendangan bebas langsung atau direct freekick ke gawang PSIS (30/4/2024) itu menjadi yang pertama kalinya bagi Persija dalam lima tahun terakhir di Liga 1. Macan Kemayoran mencetak gol seperti itu terakhir kali tercipta melalui tendangan bebas Marko Simic ke gawang Borneo FC di Liga 1 2019 (11/11/2019).


Jika melihat dari peran yang dimainkan, Gajos bisa dikatakan cukup sibuk. Meskipun memakai nomor punggung 10, Gajos tidak bermain seperti nomor 10 lainnya. Biasanya pemilik nomor tersebut memiliki peran untuk membantu penyerangan. Namun, pelatih Persija Thomas Doll, memberi mandat untuk Gajos agar bermain lebih aktif naik turun di dalam lapangan.


Memang bukan peran murni sebagai penyuplai bola ke lini depan, tetapi pada akhirnya Gajos mampu membukukan lima gol dan tujuh assist dalam 2161 menit yang dilakoninya.


Mengalami naik turun performa serta terbatasnya pilihan pemain membuat Persija sempat kesulitan meraih tiga poin di setiap laganya. Bahkan, klub berjulukan Macan Kemayoran itu hampir masuk ke zona degradasi saat memasuki pekan ke-28.


Namun, perjuangan Persija untuk memperbaiki peringkat membuahkan hasil. Sedikit demi sedikit Persija mampu beranjak dan berhasil finish di posisi kedelapan.


Gajos menyebutkan Persija berhasil memperbaiki performa di beberapa pekan terakhir. Walaupun senang, Gajos berharap pada musim depan dirinya dkk. bisa tampil lebih baik lagi di musim 2024/2025.


“Dalam empat partai terakhir kami bisa bermain lebih baik dari laga-laga sebelumnya. Saya cukup senang bisa meraih tiga kemenangan dan satu hasil imbang. Tapi sebetulnya pada musim ini (2023/2024) kami menginginkan hal lebih, apa daya hasilnya tidak sesuai keinginan kita semua,” ujar Gajos.


“Musim depan kami akan mencoba lebih baik lagi dan berusaha yang terbaik mulai dari laga pertama. Agar nantinya tim ini bisa meraih sesuatu,” katanya lagi.