PETUAH MAMAN ABDURAHMAN UNTUK RIZKY RIDHO
PETUAH MAMAN ABDURAHMAN UNTUK RIZKY RIDHO

Kick off Piala Asia 2023 digelar dua hari lagi. Ajang paling bergengsi seantero Asia itu akan bergulir di Qatar, pada 12 Januari-10 Februari 2024.


Indonesia tergabung dalam Grup D bersama tim-tim kuat, seperti Jepang, Irak, dan Vietnam. Di sisi lain, sudah 17 tahun lamanya Indonesia tidak ambil bagian di pentas Asia. 


Piala Asia 2007 jadi momen terakhir kalinya Indonesia ikut meramaikan Piala Asia. Pada saat itu pun Timnas berada di grup neraka bersama Korea Selatan, Arab Saudi, dan Bahrain.


Tampil sebagai tuan rumah bersama Thailand, Vietnam, dan Malaysia, Indonesia hanya mampu finish di peringkat ketiga Grup D dengan raihan tiga poin. 


Timnas berhasil menang satu kali melawan Bahrain (2-1). Sedangkan sisa dua laga yang dilakoni Tim merah putih berakhir dengan kekalahan dengan skor 1-2 melawan Arab Saudi dan tumbang melawan Korea Selatan dengan skor 0-1. 


Setelah itu, Indonesia absen tiga kali di Piala Asia (2011, 2015, 2019). Hingga pada akhirnya Tim Merah-Putih mempunyai kesempatan untuk menunjukkan taringnya kembali di kancah Asia di edisi 2023.


Bek muda Persija, Rizky Ridho (22), masuk ke dalam skuad Timnas. Terlepas dari Witan Sulaeman yang tengah menjalani masa peminjaman ke Bhayangkara Presisi Indonesia FC, Ridho menjadi satu-satunya pemain Persija yang masuk skuad Piala Asia.


Ridho sudah mengikuti TC Piala Asia sejak 20 Desember 2023 - 6 Januari 2024 di Antalya, Turki. Selain itu, dirinya selalu terpilih menjadi starter kala Timnas melakukan tiga kali uji coba melawan Libya (dua kali) dan Iran.




Salah satu pemain senior Persija, Maman Abdurahman, menjadi satu-satunya pemain Persija yang pernah mencicipi kerasnya Piala Asia 2007.


Maman berharap dengan masuknya Ridho ke dalam skuad Piala Asia 2023, Ridho bisa membawa banyak pengalaman untuk dirinya sendiri dan juga untuk Persija.


“Saya percaya dengan kemampuan Ridho (Rizky) untuk bersaing di Piala Asia. Saya berharap Ridho dan teman-teman semua bisa memberikan yang terbaik untuk Timnas Indonesia,” ujar Maman.


“Jangan sia-siakan kesempatan berharga ini. Nantinya pengalaman bermain melawan tim-tim kuat harus dijadikan pelajaran berharga. Saya yakin Ridho bisa berubah menjadi pemain yang lebih baik lagi saat kembali ke Persija,” Katanya lagi.