REVIEW PERSIJA VS PSS: TUTUP 2023 DENGAN KEMENANGAN
REVIEW PERSIJA VS PSS: TUTUP 2023 DENGAN KEMENANGAN

Persija sukses meraih tiga poin saat menjamu PSS Sleman di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Sabtu (16/12/2023) malam. Laga tersebut berakhir dengan skor 1-0.


Dalam pertandingan tersebut, pelatih Persija, Thomas Doll mengubah sedikit formasi timnya. Kali ini dirinya menaruh dua gelandang tengah, yaitu Syahrian Abimanyu dan Maciej Gajos, sebagai pengatur serangan.


Sejak menit awal trio bek, yakni Hansamu Yama, Ondrej Kudela, dan Firza Andika juga terus berupaya mendistribusikan bola lini depan. Namun rapatnya pertahanan PSS membuat Gajos dkk. sulit untuk membobol gawang tim tamu. Skor bertahan 0-0 hingga akhir babak pertama.


Pada babak kedua, Persija membuat beberapa perubahan, Marko Simic, Hanif Sjahbandi, Akbar Arjunsyah, Resky Fandi, dan Sandi Samosir dimasukkan Thomas dengan harapan ada gol yang tercipta. 


Akhirnya, peluang mencetak gol baru muncul di masa injury time setelah striker Simic dijatuhkan dalam kotak penalti. Ondrej Kudela yang menjadi algojo penalti dengan tenang menipu Anthony Pinthus untuk terbang kearah yang berbeda pada menit ke-94. Skor 1-0 untuk kemenangan Persija.


Dengan kemenangan ini, Persija berhasil merangkak naik ke posisi ke delapan klasemen sementara Liga 1 2023/2024 dengan torehan 32 poin.


Usai laga, Thomas menyebutkan bahwa Persija layak mendapatkan tiga poin walaupun tim asuhan tidak menampilkan permainan yang terbaik.


“Kami tidak menampilkan permainan yang terbaik, selama laga kami benar benar menguasai pertandingan, banyak upaya yang dilakukan. Tapi pada akhirnya gol penalti menit akhir yang memenangkan kami,” ucap Thomas.


“Meskii begitu, saya menganggap Persija layak untuk mendapatkan tiga poin pada laga akhir tahun ini,” katanya melanjutkan.


Tidak lupa pelatih berkebangsaan Jerman itu mempersembahkan kemenangan timnya untuk Jakmania yang akan berulang tahun ke-26 pada Selasa, 19 Desember 2023.


“Kemenangan ini saya persembakan untuk Jakmania yang akan berulang tahun pada 19 Desember,” ujar Thomas.


Terima kasih tiga poinnya, Can!


Persija vs PSS Sleman : 26-Andritany Ardhiyasa; 17-Ondrej Kudela, 23-Hansamu Yama, 11-Firza Andika; 22-Oliver Bias, 8-Syahrian Abimanyu (24-Resky Fandi 70'), 10-Maciej Gajos, 77-Dony Tri Pamungkas (33-Akbar Arjunsyah 65'); 25-Riko Simanjuntak (9-Marko Simic 65'), 58-Rayhan Hannan (19-Hanif Sjahbandi 65'); 7-Ryo Matsumura (73-Sandi Samosir 83').