REVIEW PERSIJA VS PSM: EVALUASI BABAK PERTAMA, PUAS DI BABAK KEDUA
REVIEW PERSIJA VS PSM: EVALUASI BABAK PERTAMA, PUAS DI BABAK KEDUA

Persija Jakarta terpaksa berbagi satu poin dengan tamunya, PSM di laga pertama Liga 1 2023/2024. 


Pertandingan yang dilakoni di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, pada Senin (3/7/2023) malam, itu berakhir dengan skor 1-1.


Sejak awal laga sudah berjalan dengan intensitas tinggi. Kedua tim saling jual beli serangan untuk mendapatkan gol pertama.


Tepat pada menit 12’, PSM berhasil mencetak gol lebih dulu. Berawal dari set pieces sayap kiri, bola datang langsung ke kepala Kenzo Nambu yang lepas dari pengawalan. Dengan tenang Kenzo menyundul dan bola berhasil melewati pengawalan Andritany Ardhiyasa. Skor 1-0 untuk PSM.


Menit ke-43 Persija mendapatkan peluang. Lewat tendangan bebas, Firza Andika melepaskan tendangan ke arah sudut kiri gawang. Namun, tendangannya masih bisa ditepis M. Reza. 


Setelah babak kedua dimulai Tim Ibu Kota terus menyerang. Namun tebalnya pertahanan PSM sulit ditembus Riko Simanjuntak dkk.


Akhirnya gol penyeimbang yang ditunggu-tunggu datang. Pada menit 81’ setelah menerima operan pendek dari Firza Andika, Ryo Matsumura yang punya ruang tembak langsung melepaskan tendangan dari luar kotak penalti. Arus bola yang melengkung ke kiri gawang itu membuat Reza tak berkutik. Skor 1-1 hingga akhir laga.


Saat sesi konferensi pers pascalaga, pelatih Persija, Thomas Doll cukup senang dengan hasil akhir imbang.


Namun, Pelatih berkebangsaan Jerman itu menyebutkan sempat tak puas dengan permainan Hanif Sjahbandi dkk. pada babak pertama.


“Babak pertama kami tidak bisa bermain dengan baik, beberapa pemain berada di dalam tekanan, melakukan banyak kesalahan, dan tidak menang duel,” ucap Thomas.


“PSM memiliki kelebihan dengan set piece mereka, karena memiliki pemain yang tinggi seperti penyerangnya dan pemain belakangnya,” katanya melanjutkan.


Mantan pelatih Borussia Dortmund itu menjelaskan perubahan permainan tim asuhannya di babak kedua cukup memuaskan.


“Permainan terlihat berbeda pada babak kedua, semua minta bola, sisi sayap bermain lebih cepat, dan semuanya berusaha mencetak gol. Pada akhirnya skor 1-1 yang kami raih merupakan hasil yang cukup baik untuk kami,” ucap Thomas.