SATU BANG J UNTUK SEMUA
SATU BANG J UNTUK SEMUA

Sepanjang musim ini figur maskot Bang J tidak terpisahkan dalam setiap laga kandang Persija Jakarta. Sosok jenaka yang mampu menghibur seluruh yang hadir di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi. Bukan hanya penonton di tribune, the Jakmania hingga ofisial Persija juga tidak lepas dari sentuhan menghibur Bang J. 

Setidaknya dalam lima laga kandang terakhir, Bang J selalu diperankan oleh sosok yang berbeda. Melalui seleksi via Instagram Persija dan Tiktok OfficialPersijaJKt dengan hashtag #PersijaBangJ, para peminat diseleksi berdasarkan beberapa kategori, seperti wajib memiliki KTA the Jakmania, tidak memiliki penyakit kulit, dan penyakit khusus lainnya. 


Tentu Macan Kemayoran punya alasan tersendiri mengapa figur maskot Bang J selalu berganti-ganti. "Kami ingin memberikan pengalaman langka itu kepada setiap anggota the Jakmania yang berminat. Saya melihat minat mereka begitu tinggi sehingga sangat disayangkan jika semua keinginan itu tidak kami akomodir," ujar Ferry Indrasjarief, Manajer Fans dan External Relations Persija Jakarta. 

Figur Bang J itu mengambil J dari inisial Jakarta, sedangkan Bang itu sebutan nama laki-laki dalam bahasa sehari-hari Jakarta. Sosok macan menjadi personifikasi julukan Macan Kemayoran yang sudah melekat di Persija Jakarta. Tidak heran jika kemudian warna didominasi oleh oranye yang menjadi simbol warna untuk Daerah Khusus Ibukota Jakarta. Dalam perkembangannya, Bang J berevolusi menjadi figur seperti sekarang. Sosok macan yang tegas namun ramah dan layaknya maskot lainnya yang mengangkat kesan jenaka dan menghibur. 

Ide itu bak gayung bersambut, Ali Akbar terpilih sebagai Bang J di laga kandang kontra PSM Makassar pada 25 Januari 2023, Rudi Hermawan di laga kontra Persikabo 1973 (29/1/2023), Rian Nasution laga kontra RANS Nusantara (3/2/2023), Dika Candra di laga kontra Arema FC (12/2/2023), hingga Fikri Firdaus di laga kontra Barito Putera (22/2/2023). 


"Terima kasih Persija Jakarta, saya akhirnya terpilih sebagai Bang J di laga kandang lawan Barito Putera. Saya tidak menyangka akhirnya saya menjadi pemenang. Sangat menyenangkan menjadi Bang J. Saya bisa dekat dengan para pemain, offisial, pelatih, dan yang paling menyenangkan adalah menghibur anak-anak yang ada di tribun," ujar Fikri Firdaus.

Mau jadi Bang J selanjutnya? Tunggu informasi selanjutnya di instagram Persija ya Jak!