SELAMAT TIMNAS U-16 JUARA PIALA AFF U-16 2022
SELAMAT TIMNAS U-16 JUARA PIALA AFF U-16 2022

Timnas Indonesia U-16 berhasil menjuarai Piala AFF U-16 2022 setelah dalam partai final sukses mengalahkan Vietnam dengan skor 1-0 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Jumat (12/8/2022) malam. 


Di balik kesuksesan tim besutan Bima Sakti itu, terdapat lima pemain Persija yang masuk dalam skuad timnas U-16. Mereka adalah Femas Crespo, Muhammad Sultan Akbar, Ibnu Yazid Al Mustaufiz, Waliy Ma’rifat, dan Figo Dennis Saputrananto. Hadirnya lima nama tersebut membuat Persija menjadi tim yang paling banyak menyumbang pemain ke timnas U-16.


Di laga puncak, Figo tampil sebagai starter. Sementara Femas dan Waily turun sebagai pengganti di babak kedua.


Laju Garuda Muda di Piala AFF U-16 hingga menjadi juara sebenernya terbilang mulus. Figo dkk. tak terkalahkan di Grup A, yaitu berhasil mengalahkan Singapura, Filipina, dan Vietnam, dengan mencetak 13 gol dan hanya kemasukan satu gol kala melawan Vietnam. Pada partai semifinal, timmas bertemu dengan Myanmar. Walaupun sempat kesulitan tapi, Waily cs. berhasil mengalahkan Myanmar lewat adu penalti.




Di sisi lain, keberhasilan timnas memenangkan gelar Piala AFF U-16 disaksikan lewat lacar kaca oleh para pemain senior Persija. Alfriyanto Nico Saputro, Frengky Deaner Missa, Cahya Supriadi, dan Ilham Rio Fahmi. Mereka sangat antusias mendukung perjuangan adik-adiknya di mess Persija, Nirwana Park, Bojongsari, Jumat (12/8/2022) malam.


Kemenangan timnas U-16 sangat disyukuri oleh Cahya yang merupakan kiper Persija sekaligus timnas U-19. Menurutnya kemenangan ini harus dijadikan motivasi oleh para pasukan Garuda Muda. 


“Saya senang mereka bisa juara. Ini patut disyukuri oleh kita semua. Namun saya harap mereka tidak cepat puas dan menjadikan kemenangan ini sebagai motivasi mereka untuk berkembang ke arah yang lebih baik,” tutur Cahya.


Sementara itu, gelar Piala AFF U-16 tahun ini merupakan kali kedua timnas U-16 berhasil jadi juara.  Sebelumnya timnas U-16 berhasil memenangkan kejuaran tersebut pada tahun 2018. Kala itu tim besutan Fakhri Husaini tersebut berhasil menundukkan Thailand lewat adu penalti di partai final.


Selamat timnas U-16!