TERIMA KASIH TIMNAS U-23 TELAH BERJUANG MENUJU OLIMPIADE PARIS 2024
TERIMA KASIH TIMNAS U-23 TELAH BERJUANG MENUJU OLIMPIADE PARIS 2024

Berakhir sudah perjuangan Tim Nasional Indonesia U-23 dalam mengejar tiket Olimpiade Paris 2024. Garuda Muda kalah dari Guinea dalam laga play-off Olimpiade Concacaf-CONMEBOL.


Berlaga di Stadion Pierre Pibarot, Perancis, Kamis (9/5/2024), Timnas U-23 kalah tipis 0-1. Gol semata wayang Guinea dicetak oleh pemain dari Getafe CF, Ilaix Moriba, lewat titik putih pada menit 29’. Dengan tenang tendangannya mengecoh kiper Ernando Ari ke arah yang berlawanan.


Pada laga tersebut, Muhammad Ferarri satu-satunya pemain Persija yang bermain. Ilham Rio Fahmi, Donny Tri Pamungkas, dan Muhammad Rayhan Hannan tak dimainkan. Di sisi lain, Rizky Ridho tidak bermain karena kartu merah yang diterimanya saat bersua melawan Uzbekistan di semifinal Piala Asia U-23 (29/4/2024). Sementara itu, Witan Sulaeman, pemain Macan Kemayoran yang dipinjamkan ke Bhayangkara FC di putaran kedua Liga 1 2023/2024, tampil sebagai kapten tim sejak awal laga.


Walaupun gagal mengambil tiket Olimpiade, sepak terjang Garuda Muda patut diapresiasi karena sudah melangkah sejauh ini. Mulai dari menang  melawan Australia dan Jordania di babak Grup A Piala Asia, hingga mengalahkan Korea Selatan yang langganan mengikuti Olimpiade sejak 1988 di perempat final.


“Banggalah terhadap proses yang kamu lalui, hargai dirimu yang terus berusaha menjadi lebih baik, dan ucapkan terima kasih pada dirimu yang tidak pernah menyerah. Bangga bisa berjuang bersama kalian, kalian semua terbaik. Terima kasih untuk semua doa dan dukungan yang tidak pernah henti,” kata Rizky Ridho di akun instagram pirbadinya.


Hal senada diutarakan Rio Fahmi. “Sedih karena tidak bisa mewujudkan mimpi masyarakat fanatik bola di negeri yang hampir seluruh penduduknya mencintai olahraga tersebut. Bangga karena berada tim yang luar biasa, berada di antara orang-orang yang sangat hebat, dengan segala dinamika, susah, senang, canda, tawa yang telah kami lalui bersama.


Bersyukur sekali rasanya karena sudah bisa melangkah sejauh ini. Hal yang sebelumnya tidak pernah terpikirkan dalam hidup saya, yaitu bisa mengibarkan bendera merah putih di kancah dunia. Terima Kasih kepada tim ini yang sudah berjuang bersama. Terima kasih juga buat masyakarakat Indonesia tanpa terkecuali yang sudah mendoakan dan mendukung sampai sejauh ini,” tuturnya.


Semoga sepak terjang serta pengalaman yang didapat bisa membuat Garuda Muda menjadi pribadi dan pemain yang lebih matang lagi di masa yang akan datang.


Foto: PSSI