THOMAS DOLL RASAKAN KEMENANGAN HAMBAR TANPA KEHADIRAN JAKMANIA
THOMAS DOLL RASAKAN KEMENANGAN HAMBAR TANPA KEHADIRAN JAKMANIA

Persija Jakarta kembali ke jalur kemenangan setelah mengalahkan tim tamu asal PSIS Semarang di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, pada Kamis (16/3/2023) sore.


Di laga itu Macan Kemayoran mampu menaklukkan PSIS dengan skor 1-0. Gol semata wayang Persija dipersembahkan oleh Riko Simanjuntak (15’) setelah memaksimalkan assist Firza Andika.


Namun setelah anak didiknya meraup tiga poin, pelatih Thomas Doll kurang begitu puas. Ia mengungkapkan perasaannya saat konferensi pers.


“Saya katakan sekali lagi, sepak bola tanpa fans itu tidak baik untuk Persija ataupun sepak bola Indonesia. Karena sepak bola tanpa mereka rasanya tak ada emosi sama sekali,” tutur Thomas.


“Ini menurut saya pribadi yang sudah cukup tua, karena bagi saya sepak bola dan emosinya tidak bisa dipisahkan,” ucap Thomas.


Ia percaya bahwa suporter Persija, the Jakmania, tak akan berbuat negatif pada waktu sebelum, jalannya pertandingan, dan sesudah. Rekam jejak laga kandang di musim ini bisa dijadikan acuan.


“Ini tidak baik bagi sepak bola. Pemain butuh dukungan suporter dan tentu para pendukung kami ingin menonton langsung timnya. Dua tahun mereka sudah tidak bisa menonton karena pandemi, lalu sekarang mereka kembali dilarang menonton langsung. Memang apa yang akan terjadi jika para pendukung kami hadir di sini. Tidak mungkin ada hal yang tidak diinginkan terjadi. Tidak ada yang perlu dikhawatirkan, jadi saya tidak mengerti kenapa keputusan seperti ini bisa terjadi,”  kata juru taktik asal Jerman itu.