TURNAMEN POST SEASON DI MATA FERDIANSYAH
TURNAMEN POST SEASON DI MATA FERDIANSYAH

Penyelenggaraan RCTI Premium Sports berakhir dengan Selangor FC keluar sebagai juara. Bagi Persija turnamen pasca kompetisi (Post Season) ini menjadi bentuk evaluasi dan barometer untuk melihat potensi pemain-pemain pelapis yang ada di tubuh tim. 

Seperti tergambar pada daftar pemain Macan Kemayoran di turnamen tersebut, nama-nama pemain muda seperti Alwi Fadillah, Ammar Fadzilah, Dia Syayid Alhawari, Rafa Abdurahman, Radit Raharjo, Ihsan Siregar, Refan Nadief, Aditya Warman, Irpan Abadi dan Fajar Firdaus, bergabung bersama Raka Cahyana, Alfriyanto Nico dan Resa Aditya yang sebelumnya pernah terdaftar di tim utama  Persija di musim-musim sebelumnya. 

Khusus Rafa Abdurahman, putra bek senior Maman Abdurahman itu sudah menembus tim utama pada laga akhir Liga 1 2023/2024 musim lalu. Hebatnya lagi, di usia 16 tahun, bek kelahiran 20 Agustus 2007 itu sudah melakukan debutnya dengan bermain bersama sang ayah pada laga akhir kontra PSIS Semarang pada 30 April 2024. 

"Pelajaran bagus untuk mereka. Pemain-pemain muda ini menampilkan penampilan terbaik di turnamen ini. Tapi itu semua belum cukup, masih ada pekerjaan rumah agar bisa meningkatkan performa mereka lagi," ujar pelatih Ferdiansyah. Pelatih yang dipercaya oleh Thomas Doll untuk bagian pengembangan individu tim Utama ini melihat para pemain muda tidak canggung lagi bermain berdampingan dengan seniornya.

"Mereka sudah punya modal dan dua pertandingan yang udah dijalankan menjadi pelajaran untuk mereka. Untuk menjadi pemain sepakbola profesional, apa yang mereka raih saat ini belum cukup. Mereka harus menempa diri masing-masing agar bisa betul-betul seimbang dengan senior mereka," tambah pelatih jebolan Program SAD Indonesia di Uruguay periode 2008 hingga 2012 tersebut. 

Bagi Persija, menurutnya turnamen ini juga memudahkan tim utama untuk bisa melihat pemain-pemain muda yang bisa dicoba bermain di tim utama. "Turnamen seperti RCTI Premium Sports sangat baik bagi Persija karena mengundang dua tim Malaysia. Sebuah kesempatan baik bagi para pemain untuk merasakan jam terbang bertanding klub asing," tambahnya.