MAMAN ABDURAHMAN : IJINKAN SAYA MALAM INI MENJADI BAGIAN DARI KALIAN
MAMAN ABDURAHMAN : IJINKAN SAYA MALAM INI MENJADI BAGIAN DARI KALIAN

Rasa haru dan air mata Maman Abdurahman tidak bisa dibendung usai laga Persija kontra PSIS Semarang pada ajang RCTI Premium Sports 2024 di Jakarta International Stadium, Kamis (30/5/2024). Kemenangan 1-0 laga itu menjadi pelengkap, begitu juga Guard of Honour yang diberikan pada pemain Macan Kemayoran kepada bek tengah yang pada 12 mei lalu berusia 42 tahun itu. 

Ayah Rafa Abdurahman itu mengakhiri karier gemilangnya bersama klub ibukota dengan total 162 penampilan pada 2016 hingga 2024 plus tiga trofi, Liga 1 2018, Piala Presiden 2018 dan Piala Menpora 2021. 

Jika digabungkan saat bermain bersama klub lainnya, maka secara total pria kelahiran Jakarta ini sudah mengenyam 420 penampilan professional sepanjang 2001 hingga 2024 serta 29 tampil bersama tim nasional Indonesia pada 2004 hingga 2010. 

"Dalam sepak bola, datang dan pergi hal biasa. Yang tetap bertahan adalah pendukung setianya. Ijinkan malam ini saya menjadi bagian dari kalian (The Jakmania)", ujar Maman dalam sambutannya di tengah lapangan usai laga. 

Chant Maman Abdurahman yang dikumandangkan The Jakmania menegaskan kedekatan bek yang memulai karier di PS PAM Jaya itu bersama The Jakmania. 

Perjalanan karier profesionalnya bersama Persija terasa manis mengingat banyak impiannya bisa digenapi seiring perjalanan kariernya bersama Persija. Sejak lama ia sudah bertekad untuk mengakhiri karier bersama Persija dan itu akhirnya terwujud serta yang cukup fenomenal adalah terwujudnya niat untuk bermain bersama sang anak, Rafa, pada laga akhir musim ini saat mengalahkan PSIS Semarang 2-1 di Stadion Utama Gelora Bung Karno,  30/4/2024. 

Lifetime Appreciaton memang layak disematkan kepada Maman yang membuktikan kematangannya diantara banyaknya pemain muda yang datang dan pergi di tim utama Persija. Dua kali ia mencatatkan sebagai pemain tertua yang terdaftar di Liga 1 pada dua musim terakhir. Ini juga menjadi bukti bahwa siapapun pelatih yang hadir memimpin Macan Kemayoran tetap mempercayakan dirinya berdampingan dengan lini belakang seperti Rizky Ridho, Ondrej Kudela, Hansamu Yama hingga Muhammad Ferarri. 

Terima kasih, Bang Men!