SELAMAT ULANG TAHUN KE-19 RESA ADITYA
SELAMAT ULANG TAHUN KE-19 RESA ADITYA

Tepat hari ini, Senin (6/3/2023), penggawa muda Persija Jakarta, Resa Aditya Nugraha, berusia 19 tahun. Bintang muda Macan Kemayoran kelahiran Banjar Asri, Nglorog, Sragen ini adalah sosok pekerja keras yang tidak pernah melepas kepercayaan pelatih. 


Ia adalah putra ketiga dari pasangan Wiji Rohadi dan Warsiah. Karier sepak bolanya dimulai pada 2010 di mana ia sempat berlatih di SSB Karangmalang Football Club Sragen. 


“Semoga saya lebih baik lagi untuk kepribadian saya, terlebih lagi soal ibadah. Semoga bisa terus membahagiakan orang tua dan karier di Persija lebih baik dari sebelumnya. Saya berharap bisa mendapatkan menit bermain dan bisa membawa Persija juara suatu saat nanti,” tutur Resa. 


Bakatnya tercium oleh mantan gelandang timnas yang kini menjadi pelatih, Bima Sakti. Resa diberikan kepercayaan untuk bergabung bersama Timnas U-15 pada 2019. 


Meski prosesnya tidak mudah, Resa mampu membuktikan kepercayaan itu. Ia berhasil terpilih sebagai pemain terbaik dan peringkat ketiga dalam seleksi yang diikuti oleh 40 pemain dari seluruh Indonesia. 


Pada 2020 Resa dipanggil Timnas U-16 untuk bermain di Piala Asia U-16 2020 Bahrain. Ia pun bergabung bersama Persija EPA U-18 dan perjalanan kariernya dengan cepat mendapat perhatian. Salah satunya adalah saat Dennis Wise dan Des Walker, dua pemandu bakat Garuda Select edisi 4 yang akhirnya membawa Resa ke Eropa pada 2021. 


Sepulangnya dari Garuda Select 4, ia masuk tim utama Persija di Liga 1 2021/2022 bersama beberapa pemain muda lainnya, seperti Muhammad Ferarri, Alfriyanto Nico Saputro, Dony Tri Pamungkas, dan lainnya. 


Kariernya terus menanjak saat dipercaya oleh Shin Tae-yong untuk bergabung ke pemusatan latihan Timnas U-20 dalam Mini Turnamen yang melibatkan Selandia Baru U-20, Guatemala U-20, dan Fiji U-20 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, 17-21 Februari 2023. 


Penampilan gelandang yang dikenal dengan kebiasaan ritual berwudhu dan berdoa sebelum tanding ini mampu menyumbangkan satu gol saat membungkam Fiji 4-0. Sayangnya di dua laga lain mengalami kekalahan beruntun, kalah dari 1-2 dari Selandia Baru dan 0-1 dari Guatemala U-20. 


Kini ia tengah menjadi pilar penting dalam perjalanan Garuda Nusantara mengarungi Piala AFC U-20 2023 di Uzbekistan dan bersiap menuju Piala Dunia U-20 2023.


“Target saya terus berusaha agar bisa terpilih di Piala Dunia U-20 2023. Jika sudah bisa tampil di Piala Dunia semoga bisa mendapatkan jalan bermain di luar negeri,” tutur Resa lagi.


Sekali lagi, selamat ulang tahun Resa!