TEKAD PERSIJA BERKONTRIBUSI UNTUK TIMNAS U-19
TEKAD PERSIJA BERKONTRIBUSI UNTUK TIMNAS U-19

Persija sangat bangga saat surat PSSI bernomor 3270/AGB/450/VIII-2022 tertanggal 19 Agustus 2022 masuk ke inbox email. Dalam surat tersebut, tercatat 10 pemain Persija dipanggil pemusatan latihan (TC) timnas U-19 besutan pelatih Shin Tae-yong.


TC tersebut akan berlangsung di Jakarta pada 24 Agustus-7 September 2022 sebagai persiapan tampil dalam Kualifikasi Piala Asia U-20 di Surabaya, 14-18 September 2022.


Ke-10 nama itu adalah Agi Firmansyah, Achmad Maulana Syarif, Dia Syayid Alhawari, Rayhan Utina, dan Teuku Razza Fachrezi yang berasal dari Persija akademi. Lima nama lainnya adalah Alfriyanto Nico Saputro, Cahya Supriadi, Frengky Deaner Missa, Ginanjar Wahyu, dan Muhammad Ferarri dari tim utama.


Pemanggilan 10 pemain tersebut sejatinya membuat Persija bersyukur bahwa pembinaan pemain muda yang selama ini dilakukan bisa berkontribusi untuk timnas. Persija berkomitmen akan melepas semua pemain yang dipanggil untuk ambil bagian di TC timnas U-19.


Namun, PSSI dan Shin Tae-yong telah memberikan izin kepada Persija untuk melepas pemain dalam dua gelombang. Lima pemain dari tim akademi dipersilakan merapat ke TC sesuai jadwal. Sementara lima sisanya yang berasal dari tim utama Persija akan dilepas pada 12 September 2022 atau setelah laga vs Barito Putera (11/8/2022).




Sejatinya Persija ingin mengirim semua pemain yang dipanggil sesuai jadwal TC. Tapi, kondisi tim saat ini dalam mengarungi Liga 1 2022/2023 sedang tidak ideal. Beberapa pemain sedang cedera sehingga Cahya, Ferarri, Frengky, Nico, dan Ginanjar sangat dibutuhkan perannya dalam tim.


Pelatih Persija, Thomas Doll, memastikan kelima nama itu bakal lebih dimatangkan lagi dalam tim besutannya. Kesempatan main di Liga 1 salah satu bentuk proses pematangan mereka. Jadi, saat mereka tiba di timnas memiliki performa yang sama baiknya dengan nama-nama yang sudah mengikuti TC lebih dulu.


“Saya pikir bagus kami mengirim banyak wakil ke timnas. Itu artinya kami punya banyak talenta di klub. Kami sangat senang dan kami bisa lihat perkembangan pemain muda beberapa pekan terakhir, seperti Ferrari bermain di level bagus, serta Ginanjar dan Frengky di starting eleven. Kiper kedua kami pun bertalenta besar (Cahya). Kami punya banyak pemain berbakat. Nico pun bagus walau bergabung sedikit telat karena dia di musim panas menjalani kegiatan (bersama timnas) selama lebih dari dua bulan. Tapi kami sangat bahagia kami miliki mereka di tim. Kami memberikan mereka kesempatan bermain,” kata Thomas Doll dalam konferensi pers jelang laga vs Persita. 


“Di sisi lain, saya tahu ada beberapa pertandingan (Liga 1). Mungkin ini tidak dalam waktu tepat karena kami punya pertandingan penting dalam periode September. Di Eropa sedikit berbeda, karena ketika U-20/U-21 bertanding, laga mereka tak bersamaan dengan tim senior,” tuturnya lagi. 


Sementara itu Wakil Presiden Persija, Ganesha Putera, memastikan komitmen Persija dalam mendukung agenda timnas.


“Buat kami jika ada pemanggilan timnas tentu itu sebuah kehormatan. Terlebih lagi kali ini pemanggilan ada 10 pemain. Jadi sebuah kebanggaan untuk kami. Di timnas lain pun Persija selalu mengirim banyak pemain, seperti di timnas U-16 yang juara Piala AFF U-16 2022 ada lima pemain Persija. Ini suatu kehormatan dan kebanggan bahwa PSSI mengapresiasi kinerja kami di pembinaan,” ucapnya.


“Saya pikir selama ini kami punya kolaborasi bagus dengan federasi dan kami pun berkomunikasi dengan baik. Tapi untuk saat ini kondisinya tidak ideal. Kebetulan jadwal dari AFC, ajang itu digelar sebelum jatuhnya FIFA Match Day dan kami kemudian berkomunikasi dengan PSSI. Ada beberapa pemain yang tidak terlibat di tim utama tentu saja kami sangat senang untuk melepas. Tapi, ada beberapa pemain yang kami coba berkontribusi ke federasi dengan cara memberikan menit bermain di level sepak bola tertinggi. Tentunya menjelang pertandingan Pra-Piala Asia U-20 kami akan melepas mereka sehingga bisa bela timnas,” ujar Ganesha.


“Saat TC masih berlangsung lama seperti ini pemain itu kami akan matangkan di klub. Kami punya pelatih yang baik dan berkomitmen dalam mengembangkan pemain-pemain muda. Mereka akan bermain di level kompetitif dan semoga saat mereka datang ke timnas dalam kondisi lebih dari siap. Kami berharap mereka bisa membantu tim nasional meraih hasil terbaik,” katanya melanjutkan.