TIGA PEMAIN PERSIJA DEBUT BERSAMA TIMNAS U-20
TIGA PEMAIN PERSIJA DEBUT BERSAMA TIMNAS U-20

Tim Nasional Indonesia U-20 berhasil melewatkan ujian pertamanya di ajang Kualifikasi Piala Asia 2023 U-20 dengan hasil positif. Garuda Muda berhasil mengalahkan Timor Leste di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, pada Rabu (14/9/2022) malam dengan skor telak 4-0. 


Hokky Caraka menjadi bintang lapangan setelah berhasil mencetak hattrick pada menit 12’, 30’, dan 49’.  Namun, bagi Persija Jakarta ada catatan positif lain yang membanggakan.


Pemain muda Persija, Frengky Deaner Missa, Ginanjar Wahyu Ramdhani, dan Dony Tri Pamungkas mendapatkan momen indah di laga tersebut. Mereka diberikan kesempatan debut di level timnas. 


Yang menghebatkannya lagi, Frengky dan Ginanjar masuk dalam barisan awal bersama Cahya Supriadi dan Muhammad Ferarri yang notabene langganan Timnas U-19. Sementara Dony tampil dari bangku cadangan menggantikan Frengky pada menit ke-69.


Dengan masuknya Dony di pertengahan babak kedua, total ada enam pemain Macan Kemayoran yang dimainkan oleh pelatih Timnas U-20, Shin Tae-yong. Satu nama lagi adalah Alfriyanto Nico Saputro yang memiliki status sama seperti Cahya dan Ferarri, yaitu sudah rutin menghuni timnas.


Menurut Ginanjar Wahyu, terpilihnya dia sebagai Timnas U-20 membuat dirinya mendapatkan teman serta pengalaman baru. 


“Ini lingkungan yang baru. Saya senang bisa merasakan latihan dengan teman-teman yang baru dan dapat pengalaman baru. Namun saya tetap harus fokus dan memberikan yang terbaik seperti saat di Persija,” ucap Ginanjar yang diplot sebagai pemain depan itu.


Bek sayap muda Persija, Frengky Missa, mengaku senang bahwa dirinya mendapat kepercayaan langsung dari Shin Tae-yong untuk bermain sebagai 11 pertama.


“Saya senang dipercaya oleh pelatih untuk main langsung sebagai starting walaupun baru bergabung. Saya akan jadikan setiap menit bermain sebagai bahan pembelajaran,” ucap pemain kelahiran Soe 18 tahun lalu tersebut.


Sementara itu debutan lainnya, Dony Tri Pamungkas, mengatakan mudah bagi mereka untuk beradaptasi karena rekan setimnya, Cahya, Nico, dan Ferarri sudah mempunyai pengalaman di Timnas sehingga bisa berbagi informasi.


“Cukup nyaman dengan banyaknya pemain dari Persija. Ada yang sudah berpengalaman di timnas U-19 seperti Cahya, Nico, dan Ferarri jadi saya sering bertanya ke mereka sehingga lebih cepat untuk beradaptasi di timnas,” tutur Dony.


Ayo raih pencapaian lebih tinggi, Ginanjar, Frengky, dan Dony!