CERITA AWAYDAYS PERDANA THE JAKMANIA KE BANJARMASIN
CERITA AWAYDAYS PERDANA THE JAKMANIA KE BANJARMASIN

Cerita indah laga tandang Persija Jakarta ke markas Barito Putera, Stadion Demang Lehman, Kabupaten Banjar, Minggu (11/9/2022) malam, pada pekan kesembilan BRI Liga 1 2022/2023, tidak cuma soal kemenangan. Tapi juga berkaitan dengan semangat dan tekad the Jakmania yang rela mendukung langsung ke arena pertempuran.




Hal ini dirasakan oleh Andaranto Triwibowo, Kabid Acara the Jakmania. Dirinya merasa sangat puas dan tidak sia-sia datang langsung ke Banjarmasin untuk mendukung dan melihat langsung kemenangan Macan Kemayoran di laga itu. 




"Usaha kami tidak sia-sia. Kami datang dengan semangat dan Persija pun bermain dengan rasa optimisme tinggi hingga meraih kemenangan," ujar Andar, panggilan akrab Andaranto. 


Rencana awaydays ke Banjarmasin sudah disusun setelah kemenangan Persija 1-0 atas Arema FC pada pekan ketujuh Liga 1, tepatnya pada Minggu (28/8/2022). Sekitar 60 member the Jakmania berangkat dari Jabodetabek dan bergabung dengan total 270 anggota dari Korwil Kalimantan Tengah, Kalimantan Barat, dan Kalimantan Timur. 




Keberangkatan kali ini agak rumit karena harus membawa bas, snare drum, hingga balon dari Jakarta. Tapi tidak sia-sia! Bukan hanya mematahkan rekor tidak menang selama delapan tahun di markas Barito, tapi momen ini adalah awaydays perdana Jakmania ke Banjarmasin.


"Kami sudah sering pergi ke daerah paling jauh, seperti Papua, Medan, dan Makassar, hingga saat Persija bermain di level Asia kami ke Malaysia, Singapura, dan Vietnam. Tapi baru kali ini ke Banjarmasin dan bersyukur berakhir dengan kemenangan,” tutur Andar.




Dalam perjalanan awaydays tersebut, the Jakmania masih menyempatkan untuk mengunjungi Sungai Barito yang populer digunakan sebagai sarana transportasi, ikon Banjarmasin yaitu Patung Bekantan, dan menikmati Soto Banjar Bang Amat yang terkenal.


Dukung terus Macan Kemayoran, Jak!